Search for collections on Undip Repository

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Kepatuhan Dokter Gigi Dalam Menggunakan Apd (Studi di Rumah Sakit Nasional Diponegoro dan RSUP Dr. Kariadi Semarang)

Syahrin, Rajudin Amrul and Prabowo, Yoghi Bagus and Wibisono, Gunawan and Skripsa, Tira Hamdillah (2023) Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Kepatuhan Dokter Gigi Dalam Menggunakan Apd (Studi di Rumah Sakit Nasional Diponegoro dan RSUP Dr. Kariadi Semarang). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (Abstrak)
Abstrak_KTI.pdf

Download (35kB)

Abstract

Latar Belakang: Angka kepatuhan tenaga kesehatan dalam perilaku penggunaan APD saat bekerja di instansi pelayanan kesahatan (rumah sakit, klinik, dsb) belum mencapai standar. Sebagaimana penelitian yang dilakukan oleh Shara menunjukan bahwa hanya 5% tenaga kesehatan yang patuh dalam menggunakan APD yang terdiri dari pelindung tangan (sarung tangan), masker, baju pelindung dan kacamata pelindung. Hal tersebut menunjukan bahwa kepatuhan tenaga kesehatan dalam penggunaan APD tergolong cukup rendah. Tujuan: Untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat kepatuhan dokter gigi terhadap penggunaan APD dalam menangani pasien di Rumah Sakit kota Semarang yaitu tingkat pengetahuan, motivasi diri, ketersediaan APD, pengawasan pihak rumah sakit dan standar operasional prosedur. Metode: Penelitian observasional dengan pendekatan cross sectional. Sampel penelitian yang digunakan adalah dokter gigi yang berada di Rumah Sakit Nasional Diponegoro dan Rumah Sakit dr. Kariadi kota Semarang yang memenuhi kriteria inklusi dan kriteria eksklusi. Adapun jumlah dokter gigi di Rumah Sakit Nasional Diponegoro dan Rumah Sakit dr. Kariadi kota Semarang adalah 22. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara menggunakan teknik purposive sampling. Hasil: Terdapat pengaruh yang signifikan pada uji Chi-Square didapatkan nilai p<0,02 yaitu tingkat pengetahuan dengan nilai p =0,035 dan motivasi diri dengan nilai p =0,010. Pada uji regresi logistik, didapatkan nilai p<0,02 adalah yang paling signifikan yaitu motivasi diri dalam menggunakan APD dengan nilai p =0,018. Kesimpulan: Ada hubungan yang signifikan yang terdapat dari motivasi diri terhadap tingkat kepatuhan penggunaan APD pada dokter Gigi di Rumah Sakit Kota Semarang.

Kata-Kata Kunci: Tingkat kepatuhan, APD, Rumah sakit

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata-Kata Kunci: Tingkat kepatuhan, APD, Rumah sakit
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Dentistry
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 06 Feb 2023 08:31
Last Modified: 06 Feb 2023 08:31
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/11647

Actions (login required)

View Item View Item