Search for collections on Undip Repository

AKTIVITAS ANTIOKSIDAN DAN ORGANOLEPTIK MINUMAN FERMENTASI KOMBUCHA JAHE MERAH DENGAN PENAMBAHAN EKSTRAK SECANG

Safhira, Firda and Anjani, Gemala and Ratna Noer, Etika AKTIVITAS ANTIOKSIDAN DAN ORGANOLEPTIK MINUMAN FERMENTASI KOMBUCHA JAHE MERAH DENGAN PENAMBAHAN EKSTRAK SECANG. -. (Unpublished)

[img] Text
Abstrak-Firda Safhira.pdf

Download (89kB)

Abstract

Latar Belakang: Penyakit kardiovaskular berkaitan stress oksidatif dan dapat dicegah dengan pangan fungsional. Jahe dan kayu secang yang memiliki kadar senyawa antioksidan tinggi dapat diolah menjadi kombucha yang mana sedang populer di Indonesia. Proses fermentasi kombucha dapat meningkatkan aktivias antioksidan dan organoleptik minuman.
Tujuan: Menganalisis aktivitas antioksidan dan organoleptik minuman fermentasi kombucha jahe merah dengan penambahan secang.
Metode: Penelitian eksperimental rancangan acak lengkap dua faktor dengan penambahan secang (0%; 5%; dan 10%) dan lama fermentasi (7 dan 14 hari). Analisis statistik analisis kimia menggunakan uji deskripif, total fenol diuji menggunakan Two Way ANOVA dilanjutkan uji Tukey, sedangkan aktivitas antioksidan dan uji organoleptik menggunakan Kruskal Wallis dilanjutkan uji Mann-Whitney.
Hasil: Minuman fermentasi kombucha jahe merah dengan penambahan secang 5% dan 7 hari fermentasi memiliki nilai aktivitas antioksidan sebesar 7.6270% dengan organoleptik terbaik yaitu 3,50 (agak suka)
Simpulan: Penambahan secang pada minuman fermentasi kombucha jahe merah dengan lama fermentasi 7 dan 14 hari mempengaruhi total fenol, aktivitas antioksidan, serta organoleptik warna secara signifikan
Kata Kunci: kombucha, jahe, secang, antioksidan, organoleptik

Item Type: Article
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Depositing User: Pustakawan Gizi
Date Deposited: 02 Feb 2023 03:57
Last Modified: 02 Feb 2023 03:57
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/11615

Actions (login required)

View Item View Item