Search for collections on Undip Repository

Pengaruh Durasi Perendaman Susu Kedelai Murni (Glycine max (l.) Merill) Terhadap Tingkat Remineralisasi Enamel Gigi

Haque, Ega Iqomatul and Hermawati, Donna and Nasia, Avina Anin (2023) Pengaruh Durasi Perendaman Susu Kedelai Murni (Glycine max (l.) Merill) Terhadap Tingkat Remineralisasi Enamel Gigi. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (ABSTRAK-KTI)
ABSTRAK-KTI.pdf

Download (14kB)

Abstract

Nama : Ega Iqomatul Haque
Program Studi : Kedokteran Gigi
Judul : Pengaruh Durasi Perendaman Susu Kedelai Murni (Glycine max (l.) Merill) Terhadap Tingkat Remineralisasi Enamel Gigi
Pembimbing :
dr. Donna Hermawati, M.Si.Med
drg. Avina Anin Nasia, M.Sc
Tujuan: Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh durasi perendaman susu kedelai murni (Glycine max (L.) Merill) terhadap tingkat remineralisasi enamel gigi selama 45, 90 dan 180 menit. Metode: Penelitian ini merupakan Penelitian Eksperimental Laboratorium dengan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design yang menggunakan 16 sampel gigi premolar permanen. Sampel penelitian dibagi menjadi 4 kelompok, yaitu kelompok kontrol dengan perendaman menggunakan akuades selama 90 menit, kelompok perlakuan I dengan perendaman susu kedelai selama 45 menit, kelompok perlakuan II dengan perendaman menggunakan susu kedelai selama 90 menit dan kelompok perlakuan III dengan perendamaan menggunakan susu kedelai selama 180 menit. Hasil: Hasil paired t-test menunjukkan adanya perbedaan yang bermakna pada kelompok perlakuan I,II, dan III dengan nilai signifikansi masing-masing kelompok p<0,05. Hal ini menunjukkan perendaman susu kedelai dengan berbagai durasi tersebut menunjukkan perbedaan tingkat remineralisasi yang signifikan pada sampel sebelum dan sesudah diberi perlakuan. Hasil uji One Way ANOVA menunjukkan terdapat perbedaan tingkat remineralisasi enamel gigi yang signifikan antar kelompok perlakuan (p<0,05). Kesimpulan: Terdapat pengaruh durasi perendaman susu kedelai murni (Glycine max (L.) Merill) terhadap tingkat remineralisasi enamel gigi dengan durasi efektif adalah kelompok perlakuan II yaitu kelompok perendaman 90 menit.
Kata Kunci: Susu Kedelai, Durasi Perendaman, Tingkat Remineralisasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Susu Kedelai, Durasi Perendaman, Tingkat Remineralisasi.
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Dentistry
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 15 Jan 2024 06:56
Last Modified: 15 Jan 2024 06:56
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/11560

Actions (login required)

View Item View Item