Search for collections on Undip Repository

HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TERHADAP GAYA KEPEMIMPINAN SERVANT LEADERSHIP DENGAN KEPUASAN KERJA ANGGOTA KEPOLISIAN POLRES PATI KOTA

Sekarmas, Dyah Putri and Mujiasih, Endah (2023) HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TERHADAP GAYA KEPEMIMPINAN SERVANT LEADERSHIP DENGAN KEPUASAN KERJA ANGGOTA KEPOLISIAN POLRES PATI KOTA. Undergraduate thesis, Undip.

[img] Text
Abstrak dan Bab I Dyah Putri Sekarmas.pdf

Download (360kB)

Abstract

Kepuasan kerja merupakan perilaku individu sebagai hasil pengalaman terhadap pekerjaannya. Semakin positif pengalaman kerja individu, maka akan menimbulkan perasaan senang pegawai terhadap pekerjaannya. Sehingga perlu adanya pimpinan yang menerapkan gaya kepemimpinan Servant Leadership yang menjadi salah satu kunci keberhasilan dalam penyelenggaraan layanan masyarakat. Penelitian ini dimaksudkan untuk menguji hubungan antara persepsi terhadap gaya kepemimpinan Servant Leadership dan kepuasan kerja pada anggota kepolisian Polres Pati Kota. Dari total populasi sebanyak 320 anggota kepolisian, 167 anggota dijadikan sampel penelitian dengan teknik simple random sampling. Alat ukur yang digunakan berupa skala Persepsi terhadap Gaya Kepemimpinan Servant Leadership (α = 0,900, 27 aitem), dan skala Kepuasan Kerja (α = 0,923, 22 aitem). Data yang diperoleh dari pengukuran dianalisis dengan SPSS versi 27.0 menggunakan teknik analisis regresi sederhana. Hasil penelitian terbukti terdapat korelasi yang signifikan dengan arah hubungan positif antara persepsi terhadap gaya kepemimpinan Servant Leadership dengan kepuasan kerja pada anggota kepolisian Polres Pati Kota (rxy = 0,396 p = 0,000). Semakin positif persepsi terhadap gaya kepemimpinan Servant Leadership, maka semakin positif pula kepuasan kerjanya. Sumbangan efektif persepsi terhadap gaya kepemimpinan Servant Leadership dengan kepuasan kerja dalam penelitian ini sebesar 15,7%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Fakultas Psikologi
Date Deposited: 05 Feb 2024 06:52
Last Modified: 05 Feb 2024 06:52
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/11535

Actions (login required)

View Item View Item