Search for collections on Undip Repository

KAJIAN PUSTAKA: IMPLEMENTASI SISTEM MIDWIFE-LED CONTINUITY OF CARE (MLCC) DALAM MENINGKATKAN MUTU LAYANAN KESEHATAN IBU DAN ANAK

AZARINE, RANIA (2023) KAJIAN PUSTAKA: IMPLEMENTASI SISTEM MIDWIFE-LED CONTINUITY OF CARE (MLCC) DALAM MENINGKATKAN MUTU LAYANAN KESEHATAN IBU DAN ANAK. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
REPO RANIA.pdf - Published Version

Download (13kB)

Abstract

Angka Kematian Ibu dan Angka Kematian Bayi menjadi parameter untuk melihat keberhasilan mutu dari layanan kesehatan ibu dan anak di dunia. Namun masih terjadi disparitas AKI dan AKB di dunia. Hal ini berdampak pada penurunan ekonomi, memperburuk kondisi sumber daya manusia yang unggul, dan memperlebar kesenjangan antara negara kurang berkembang dan maju. Upaya WHO untuk menurunkan AKI dan AKB adalah dengan merumuskan rekomendasi sistem MLCCpada tahun 2016. MLCC adalah sistem kesehatan yang dipimpin bidan dengan memberikan pelayanan KIA kontinyu untuk layanan kesehatan ibu dan anak yang mencakup kegiatan pelayanan antenatal, pertolongan persalinan, pelayanan kesehatan masa nifas, dan pelayanan kesehatan neonatus. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi sistem MLCC dalam meningkatkan mutu layanan KIA, berdasarkan dimensi mutu aksesbilitas, efektivitas, dan patient centeredness dari yang dilihat dari hasil penelitian sebelumnya. Penelitian systematic literature review ini menggunakan pendekatan simplified approach. Pencarian artikel dilakukan melalui online database, seperti Ebsco, Garuda, dan Scopus. Berdasarkan telaah 22 artikel terpilih, implementasi MLCC telah dilaksanakan di Australia, Inggris, Swedia, Nowegia, Belanda, Denmark, Iran, Palestina dan Indonesia dengan 3 metode: private midwife care, caseload group, dan shared care. Ditemukan 4 temuan dimensi efektivitas, 2 temuan dimensi mutu aksesibilitas, serta 3 temuan dimensi patient centeredness. Serta diidentifikasi beberapa faktor yang dapat mempengaruhi implementasi MLCC yaitu stigma dan bias terhadap bidan, kompetensi bidan dalam melakukan MLCC, dan teknologi untuk membantu ketersediaan tenaga kerja bidan. MLCC direkomendasikan sebagai strategi implementasi untuk memperkuat layanan KIA di Indonesia.

Kata Kunci: Dimensi Mutu, Implementasi Sistem, Midwife Led Continuity of Care, Layanan Kesehatan Ibu dan Anak

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: endah nurkhayati
Date Deposited: 25 Jan 2023 07:12
Last Modified: 25 Jan 2023 07:23
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/11453

Actions (login required)

View Item View Item