Search for collections on Undip Repository

DAMPAK PANDEMI COVID-19 TERHADAP USAHA PENANGKAPAN IKAN DENGAN ALAT TANGKAP PURSE SEINE DI PPP BAJOMULYO, PATI (22p99)

NINGTYAS, DYAH RAHAYU (2022) DAMPAK PANDEMI COVID-19 TERHADAP USAHA PENANGKAPAN IKAN DENGAN ALAT TANGKAP PURSE SEINE DI PPP BAJOMULYO, PATI (22p99). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
COVER Dyah Rahayu Ningtyas 22p99.pdf

Download (487kB)

Abstract

ABSTRAK
Dyah Rahayu Ningtyas. 26030117140021. Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Usaha
Penangkapan Ikan Dengan Alat Tangkap Purse Seine di PPP Bajomulyo, Pati (Agus
Suherman dan Abdul Kohar Mudzakir)
Masuknya virus covid-19 ke Indonesia membawa banyak perubahan di bidang ekonomi
dan bisnis, termasuk dalam usaha penangkapan ikan yang ada di PPP Bajomulyo. Tujuan
dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak pandemi covid-19 dari segi teknis,
pemasaran, sosial, dan finansial terhadap usaha penangkapan menggunakan alat tangkap
purse seine yang ada di PPP Bajomulyo, Pati. Metode pengambilan sampel yang digunakan
adalah metode purposive sampling yaitu dengan mengambil sampel berdasarkan
pertimbangan kriteria yang telah ditetapkan penulis dengan jumlah keseluruhan sampel
yaitu 13 pengurus kapal yang telah diklasifikasikan pada usaha penangkapan skala kecil
dan skala menengah, sedangkan data yang digunakan ada dua yaitu data primer dan data
sekunder. Analisis yang digunakan yaitu analisis teknis, analisis pemasaran, analisis sosial
dan analisis finansial dengan metode pengambilan data secara wawancara dengan pengurus
kapal, observasi dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan secara teknis, dan sosial
tidak ada pengaruh dari adanya covid-19, sedangkan secara aspek finansial dan pemasaran
terdapat pengaruh covid-19. Pengaruh tersebut yaitu terjadi kenaikan pada biaya tetap,
biaya variabel, dan biaya total serta pendapatan usaha penangkapan skala kecil berturutturut sebesar 0,9%, 5,7%, 4,7%, dan 1%. Sementara pada usaha skala menengah terjadi
kenaikan berturut-turut sebesar 0,45%, 4,6%, 3,6%, dan 2,8%. Keuntungan dari masingmasing usaha sangat berbeda, untuk usaha skala kecil naik sebesar 1,81%, dan untuk usaha
skala menengah turun sekitar -0,35%. Adapun mengenai nilai NPV, IRR, R/C Ratio dan
PP masing-masing usaha hasilnya berbeda, namun semuanya nilainya positif yang berarti
masuk dalam kategori usaha yang layak. Secara aspek pemasaran, dampak covid-19 yaitu
adanya kenaikan harga ikan seperti ikan layang (Decapterus sp) 1,5% dan untuk layang
pendek 1,08%,, lemuru (Sardinella sp) 1,01%, tongkol (Euthynnus affinis) 1,3%, banyar
(Restrelliger kanagurta) 1,15%, tengiri (Scomberomorini) 1,03%.
Kata kunci: Purse Seine, Teknis, Sosial, Pemasaran, Finansial, Covid-19

ABSTRACT
Dyah Rahayu Ningtyas. 26030117140021. The Effect of The Covid-19 on the Purse Seine
Fishing Business at PPP Bajomulyo, Pati. (Agus Suherman and Abdul Kohar
Mudzakir)
The entry of the covid-19 virus to Indonesia brought changes in the economy and business,
including in the fishing business at PPP Bajomulyo. The purpose of this study was to
determine the impact of the COVID-19 pandemic from a technical, marketing, social, and
financial perspective on fishing business using purse seine fishing gear at PPP Bajomulyo,
Pati. The sampling method was the purposive sampling method, based on the criteria set
by the author and total sampling that used was 13 which is classify to two category there
are small scale business and middle scale business. The results show that technically and
socially there is no influence from the presence of covid-19, while in financial and
marketing aspects there was an influence of covid-19. The effect was an increase in fixed
costs, variable costs, total costs and revenue in the small and middle business scale before
and while covid-19 is going on. In the small scale business was increase 0,9%, 5,7%, 4,7%
and 1% also in the middle business scale was incerease 0,45%, 4,6%, 3,6% and 2,8%.
Profit for each business so different, for small scale business increase 1,81% and for middle
scale business decrease -0,35%. Therefore the NPV value, IRR, R/C Ratio and PP results
was positive for small scale business and middle scale business before covid-19 was come
and while covid-19 is going on. Overall, based on the finances of the purse seine fishing
business, it was feasible to continue. In terms of marketing, the impact of Covid-19 was an
increase in the price of fish such as herring (Decapterus sp) 1.5% and short herring 1.08%,
bali sardinella (Sardinella sp) 1.01%, mackerel (Euthynnus affinis) 1 ,3%, island mackarel
(Restrelliger kanagurta) 1.15%, narrow barred Spanish mackerel (Scomberomorini
commersoni) 1.03%.
Keywords: Purse Seine, Technic, Social, Marketing, Financial, Covid-19

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Purse Seine, Teknis, Sosial, Pemasaran, Finansial, Covid-19, Technic, Social, Marketing, Financial
Subjects: Fisheries And Marine Sciences
Divisions: Faculty of Fisheries and Marine Sciences > Department of Capture Fisheries
Depositing User: pancasila wati
Date Deposited: 20 Jan 2023 07:25
Last Modified: 17 May 2023 03:47
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/11358

Actions (login required)

View Item View Item