Search for collections on Undip Repository

Analisis Implementasi Kebijakan Sistem Pelepasan Informasi Medis Kepada Pihak Ketiga di RSUD Syarifah Ambami Rato Ebu

Savitri, Dimas Aulia and Surjoputro, Antono and Agushybana, Farid (2022) Analisis Implementasi Kebijakan Sistem Pelepasan Informasi Medis Kepada Pihak Ketiga di RSUD Syarifah Ambami Rato Ebu. Masters thesis, UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
ringkasan tesis.pdf
Restricted to Registered users only until 19 November 9999.

Download (190kB)

Abstract

Rumah sakit merupakan salah satu fasilitas pelayanan kesehatan yang memiliki peran penting dalam upaya peningkatan derajat kesehatan masyarakat. Rumah sakit memiliki beragam tugas dan tanggung jawab salah satunya melakukan pelepasan informasi medis pasien sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Berdasarkan studi pendahuluan didapatkan bahwa pelepasan informasi medis kepada pihak ketiga dalam implementasinya belum berjalan dengan baik dari aspek pelaksanaan, serta petugas yang melakukan proses pelepasan. Berdasarkan uraian di atas maka perlu dilakukan analisis implementasi kebijakan sistem pelepasan informasi medis kepada pihak ketiga yang dilakukan di RSUD Syarifah Ambami Bangkalan.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan rancangan studi kasus. Informan dalam penelitian ini 1 orang Direktur rumah sakit, 1 orang Manajer pelayanan medik, 1 orang Kepala rekam medik, 9 orang DPJP. Data dikumpulkan dengan wawancara dan observasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pelepasan informasi medis kepada pihak ketiga sudah dilakukan sejak rumah sakit berdiri dan telah memiliki kebijakan khusus untuk mengatur kegiatan tersebut namun hingga tahun 2021 kegiatan pelepasan informasi medis tersebut belum sesuai dengan kebijakan tersebut. Belum dilakukan sosialisasi terkait SOP kepada pelaksana sehingga pelaksana mengaku tidak mengetahui keberadaan SOP tersebut dan tidak diikutkan dalam penyusunan SOP tersebut. Terkait sumber daya tidak ada masalah baik dari sumber daya manusia, sumber daya anggaran dan sumber daya sarana dan prasarana, hanya belum ada anggaran khusus untuk mengikutkan pelaksana dalam kegiatan pelatihan pelepasan informasi medis. Pada komunikasi antar pimpinan dengan pelaksana masih belum dikatakan maksimal dikarenakan pelaksana tidak mengetahui SOP yang mengatur pelepasan informasi medis tersebut dan juga ketidakjelasan pembagian tugas dan tanggung jawab. Terkait faktor lingkungan ditemukan bahwa kondisi sosial masyarakat yang menjadi masalah utama mengapa kegiatan pelepasan informasi medis di RSUD Syarifah Ambami Rato Ebu belum sesuai dengan kebijakan. Sedangkan sikap pimpinan dan pelaksana sudah dikatakan baik karena pimpinan dan pelaksana sama sama menyutujui kebijakan yang ditetapkan tersebut.
Disarankan bagi pimpinan rumah sakit melakukan sosialisasi secara berkala terkait SOP pelepasan informasi medis tersebut kepada pelaksana dan mengikutkan pelaksana dalam kegiatan pelatihan pelepasan informasi medis. Pimpinan rumah sakit dan manajemen juga diharapkan melakukan kegiatan monitoring dan evaluasi kembali terkait proses pelepasan informasi medis di lapangan dan pembagian tugas kepada pelaksana sehinggadapat mengetahui apakah kebijakan tersebut sudah terealisasikan atau belum.

Kata kunci: Informasi Medis, Kebijakan, Pelepasan Informasi Meds, Pihak Ketiga

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Master Program in Public Health
Depositing User: Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat
Date Deposited: 17 Jan 2023 08:05
Last Modified: 17 Jan 2023 08:05
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/11284

Actions (login required)

View Item View Item