Search for collections on Undip Repository

Analisis Potensi Fraud Pada Pelayanan Farmasi

Rahayu, Eny and Jati, Sutopo Patria and Suhartono, Suhartono (2022) Analisis Potensi Fraud Pada Pelayanan Farmasi. Masters thesis, UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
Ringkasan Tesis Eny Rahayu.pdf
Restricted to Registered users only until 14 December 9999.

Download (214kB)

Abstract

Manajemen pelayanan farmasi terkait dengan potensi fraud pada saat pemberian perbekalan farmasi yang dibutuhkan untuk pelayanan pasien rawat inap. Salah satunya retur perbekalan farmasi pada pasien rawat inap setelah close billing yang tinggi kemudian terjadi penurunan, hal ini berpotensi menjadi bagian dari tindakan fraud. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa faktor tekanan, kesempatan, rasionalisasi apakah menjadi penyebab potensi fraud pada pelayanan farmasi rawat inap dan upaya pencegahannya. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Populasi penelitian sebanyak 10 informan, data dikumpulkan dengan metode wawancara mendalam dan telaah dokumen. Pengolahan dan analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor tekanan, yaitu tekanan keuangan dan tekanan pekerjaan tidak berpotensi untuk melakukan tindakan fraud; faktor kesempatan, yaitu kesempatan dengan pengendalian internal dan pengawasan eksternal tidak berpotensi untuk melakukan tindakan fraud; faktor rasionalisasi, yaitu pembenaran terhadap tindakan yang dilakukan oleh sebagian besar informan terjadinya tindakan fraud untuk perbekalan farmasi close billing tidak dilakukan retur dengan alasan jumlahnya sedikit, digunakan untuk pasien lainnya yang membutuhkan cito, obat sudah di handling/diracik, obat dengan penggunaan multidose, obat/alat kesehatan yang sudah terbuka segelnya, penyimpanan yang tidak sesuai persyaratan; upaya pencegahannya dengan sosialisasi tentang tindakan fraud yang mungkin terjadi di pelayanan rawat inap oleh tim pencegahan kecurangan (fraud).
Kata kunci: fraud, pelayanan farmasi, analisis, rumah sakit

Abstract
Pharmacy services management is related to the potential for fraud when providing pharmaceutical supplies needed for inpatient care. One of them is the return of pharmaceutical supplies to inpatients after close billing is high and then there is a decrease, this has the potential to be part of an act of fraud. This study aimed to analyze the factors of pressure, opportunity, rationalization, whether the potential causes of fraud in inpatient pharmacy services and their prevention effort. The type of research used is a qualitative descriptive method with a phenomenological approach. The research population was 10 informants, data were collected by in-depth interviews and document review. Processing and data analysis using descriptive analysis techniques. The results showed that the pressure factors, namely financial pressure and work pressure did not have the potential to commit fraud; opportunity factor, namely the opportunity with internal control and external supervision does not have the potential to commit fraud: rationalization factor, namely the justification for the actions taken by most informants of the occurrence of fraudulent actions for close billing pharmaceutical supplies not being returned on the grounds that the amount is small, used for other patients who need fast, drugs have been handled/formulated, drugs with multidose use, drugs/medical devices whose seals have been opened, storage that does not meet the requirements; prevention effort by socializing about acts of fraud that may occur in inpatient services by the fraud prevention team.
Keywords: fraud, pharmacy service, analysis, hospital

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Master Program in Public Health
Depositing User: Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat
Date Deposited: 17 Jan 2023 06:18
Last Modified: 17 Jan 2023 06:18
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/11270

Actions (login required)

View Item View Item