Search for collections on Undip Repository

Respon Fisiologis dan Psikologis pada Perawat dalam Merawat Pasien Coronavirus Disease 2019 (COVID-19)

Ridlo, muhamad and Suhartini, Suhartini and Rochana, Nana (2021) Respon Fisiologis dan Psikologis pada Perawat dalam Merawat Pasien Coronavirus Disease 2019 (COVID-19). Masters thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
Muhamad Ridlo.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang: pandemik COVID-19, menyebabkan perawat mengalami perasaan ketakutan terkait penularan virus dan kelelahan dalam penggunaan alat perlindungan diri. Hasil penelitian sebelumnya hanya membahas terkait faktor dan pengalaman psikologis perawat dalam merawat pasien COVID-19. Tujuan: untuk mengeksplorasi tentang respon fisiologis dan psikologis, cara mempertahankan diri, harapan, rencana kedepan perawat merawat pasien COVID-19.
Metode:Penelitian menggunakan desain kualitatif deskriptif. Partisipan perjumlah 10 perawat yang merawat pasien COVID-19. Data dikumpulkan melalui wawancara semi-terstruktur menggunakan aplikasi skype dan dianalisis menggunakan metode Miles dan Haberman dengan tematik analisis. Hasil: penelitian ini menemukan 5 tema. Tema pertama yaitu respon fisiologis yang muncul meliputi (kelelahan, perubahan berat badan, badan panas dan keringat, sesak nafas). Tema kedua yaitu respon psikologis yang muncul meliputi (takut penularan virus, kecemasan, kesedihan, perasaan kasihan, perasaan senang, adanya stres, perasaan khawatir pemakaian APD, stigma dari lingkungan sekitar, perasaan kecewa, dan perasaan marah). Tema ketiga menggambarkan cara mempertahankan diri perawat dalam merawat pasien COVID-19 dengan (mengkonsumsi makanan dan minuman suplemen, kebersihan diri, dukungan teman kerja dan keluarga, olahraga, dan mendekatkan diri kepada Allah). Tema keempat merupakan harapan perawat agar (pandemik cepat berlalu, kesejahteraan perawat, dan pasien cepat sembuh). Tema kelima meliputi rencana kedepan perawat yaitu (meningkatkan pemberian pelayanan kesehatan dan motivasi ke pasien). kesimpulan: hasil penelitian dapat memberikan gambaran perawat yang mengalami masalah secara fisiologis maupun psikologis sehingga bisa melakukan intervensi psikologis untuk mengatasinya agar bisa memberikan pelayanan ke pasien secara maksimal.
Kata Kunci: COVID-19, Perawat, Respon Fisiologis, Respon Psikologis
Daftar Pustaka: 101 (1988 - 2021)

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Master Program in Nursing
Depositing User: S.Hum Bekti Iskandar
Date Deposited: 13 Jan 2023 06:38
Last Modified: 13 Jan 2023 06:38
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/11185

Actions (login required)

View Item View Item