Search for collections on Undip Repository

EVALUASI IMPLEMENTASIPENGELOLAAN LIMBAH MEDIS PADATDI RSUD KARDINAH KOTA TEGAL TAHUN 2022

ASSHIDIQI, HANIF (2023) EVALUASI IMPLEMENTASIPENGELOLAAN LIMBAH MEDIS PADATDI RSUD KARDINAH KOTA TEGAL TAHUN 2022. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
REPO HANIF ASSHIDIQI.pdf - Published Version

Download (13kB)

Abstract

LatarBelakang: Dalam rangka meminimalisir risiko yang ditimbulkan limbah medis padat maka harus memaksimalkan upaya pengelolaan limbah medis yang tepat secara keseluruhan. Pengelolaan limbah tersebut dapat dimulai dari tempat kegiatan pengelolaan jumlah limbah medis padat yang dihasilkan atau dalam istilah lingkungan dikenal sebagai sumber timbulan limbah. Masalah utama dari pengelolaan limbah medis padat terletak pada berapa banyak limbah yang dikelola. Dengan demikian penting untuk mengkaji secara mendalam mengenai Implementasi pengelolaan limbah medis padat..
Metode:Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif, dan menggunakan metode kualitatif.Subjek yang diteliti adalah Implementasi pengelolaan limbah medis padat yang meliputi: pewadahan, pengumpulan, pengangkutan, penyimpanan sementara, dan pengolahan. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode pengamatan, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan dengan menggunakan teknik analisis data yang mencakup reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan.
Hasil:Kebijakan pengelolaan limbah medis padat, proses pengelolaan limbah medis padat, dampak yang ditimbulkan dan pengendalian dampak dari pengelolaan limbah RSUD Kardinah Kota Tegal di RSUD Kardinah Kota Tegal dibandingkan dengan Permen LHK P.56/ Menlhk-Setjen/2015 dan PMK 7 Tahun 2019 untuk penatalaksanaan teknis Pengelolaan Limbah Medis Padat terhadap Lingkungan sedangkan untuk penatalaksanaan teknis Pengelolaan Limbah Medis Padat terhadap kesehatan dibandingkan dengan Permenkes No 27 Tahun 2017.
Simpulan:RSUD Kardinah Kota Tegal perlu menyediakan plastik coklat untuk limbah farmasi, serta menyediakan jalur khusus untuk pengakutan limbah medis padat serta RSUD Kardinah Mematuhi segala ketentuan yang tercantum dalam rincian teknis limbah B3 yang dimiliki RSUD Kardinah Kota Tegal

Kata kunci:limbah medis padat,rumah sakit,regulasi limbah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: endah nurkhayati
Date Deposited: 11 Jan 2023 07:55
Last Modified: 11 Jan 2023 07:55
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/11163

Actions (login required)

View Item View Item