Search for collections on Undip Repository

Pengaruh Daya Tarik Wisata dan Kualitas Pelayanan terhadap Minat Berkunjung Kembali melalui Keputusan Berkunjung sebagai Variabel Intervening (Studi pada Pengunjung Taman Nasional Bromo Tengger Semeru)

Firdaus, Adiyaksa Rahman (2022) Pengaruh Daya Tarik Wisata dan Kualitas Pelayanan terhadap Minat Berkunjung Kembali melalui Keputusan Berkunjung sebagai Variabel Intervening (Studi pada Pengunjung Taman Nasional Bromo Tengger Semeru). Undergraduate thesis, Faculty of Social Science and Political Science.

[img] Text
COVER.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (969kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (909kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (383kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (189kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (435kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (901kB)

Abstract

Kini, pariwisata telah menjadi kebutuhan primer bagi sebagian orang. Kecenderungan ini melahirkan asumsi bahwa setiap objek wisata alam tentu mendapatkan kenaikan angka kunjungan wisatawan. Namun, fenomena yang terjadi ialah adanya fluktuasi angka kedatangan pengunjung di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) dari tahun 2014 hingga 2019 walaupun dari tahun ke tahun dilakukan pelestarian daya tarik wisata dan peningkatan kualitas pelayanan. Penelitian ini dilakukan guna meneliti pengaruh daya tarik wisata dan kualitas pelayanan terhadap minat berkunjung kembali melalui keputusan berkunjung pada TNBTS. Tipe penelitian ini adalah penelitian terapan menggunakan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan secara purposive sampling menggunakan kuesioner yang mencapai 100 sampel. Responden terpilih merupakan wisatawan yang telah berkunjung ke TNBTS minimal sekali. Hasil penelitian menunjukkan jika daya tarik wisata berpengaruh dan signifikan terhadap keputusan berkunjung. Kualitas pelayanan berpengaruh dan signifikan terhadap keputusan berkunjung. Maknanya, makin baik daya tarik wisata dan kualitas pelayanan mempengaruhi kenaikan keputusan berkunjung pada TNBTS oleh wisatawan. Serta, keputusan berkunjung berpengaruh dan signifikan terhadap minat berkunjung kembali. Hasil tersebut menunjukkan meningkatnya keputusan berkunjung berpengaruh positif terhadap kenaikan minat berkunjugng kembali pada TNBTS. Hasil yang tertera didapat dengan uji validitas, uji reliabilitas, analisis koefisien korelasi, uji regresi linier sederhana, uji koefisien determinasi, dan uji signifikansi determinasi dengan SPSS. Berdasarkan hasil penelitian, saran peneliti yakni pengelola TNBTS pengelola TNBTS perlu menambahkan fasilitas yang menambah daya tarik wisata, memudahkan transaksi jual beli, memperbaiki fasilitas dan sarana prasara di kawasan destinasi, serta meningkatkan kualitas pelayanan melalui pelatihan dan pembaharuan SOP. Kemudian, pemerintah hendaknya mengawal kebijakan turunan dari program 10 Bali Baru yang dapat membantu kawasan TNBTS dalam memperbaiki sarana prasarana penghubung wilayah, memberi alokasi anggaran pengembangan kawasan, dan menyerap aspirasi warga sekitar dalam mencapai kesejahteraan bersama.. Lalu, masyarakat perlu untuk bersinergi dengan pengelola serta pemerintah dalam memberi masukan akan sarana prasarana, kualitas pelayanan, dan merekomendasikan TNBTS kepada keluarga maupun rekan terdekat.
Kata Kunci:
Pariwisata, daya tarik wisata, kualitas pelayanan, keputusan berkunjung, minat berkunjung kembali.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 09 Aug 2023 04:18
Last Modified: 09 Aug 2023 04:18
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/11158

Actions (login required)

View Item View Item