Search for collections on Undip Repository

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT PARTISIPASI PETANI MUDA PADA GABUNGAN TANI ORGANIK SAWANGAN KECAMATAN SAWANGAN KABUPATEN MAGELANG

Fanani, Fatma Fauzia (2022) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT PARTISIPASI PETANI MUDA PADA GABUNGAN TANI ORGANIK SAWANGAN KECAMATAN SAWANGAN KABUPATEN MAGELANG. Undergraduate thesis, Program Studi S1 Agribisnis Departemen Pertanian.

[img] Text
Cover_Skripsi_Fatma Fauzia Fanani.pdf

Download (665kB)

Abstract

Partisipasi merupakan keterlibatan seseorang di dalam suatu kelompok untuk mendorong tercapainya tujuan kelompok. Partisipasi antar petani muda di dalam suatu gabungan kelompok tani (gapoktan) dapat berbeda yang disebabkan oleh faktor internal maupun eksternal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat partisipasi petani muda dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi partisipasi petani muda pada Gabungan Tani Organik Sawangan (GATOS), Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang. Penelitian dilaksanakan pada bulan Maret – Mei 2022 dan berlokasi di Gabungan Tani Organik Sawangan, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Pendekatan penelitian pada penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif secara survei. Metode penentuan sampel yaitu dengan purposive sampling dengan total responden 56 petani muda. Penelitian menggunakan data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah metode analisis deskriptif dan metode analisis regresi linier berganda dengan bantuan SPSS. Hasil analisis dari penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat partisipasi petani muda pada GATOS termasuk rendah dan umur, tingkat pendidikan, kemampuan, kesempatan dan kemauan secara bersamaan memiliki pengaruh terhadap partisipasi petani muda. Kemampuan, kesempatan dan kemauan secara parsial berpengaruh secara signifikan terhadap tingkat partisipasi petani muda. Umur dan tingkat pendidikan secara parsial tidak berpengaruh secara signifikan terhadap tingkat partisipasi. Saran dari penelitian ini adalah GATOS harus meningkatkan kerjasama dengan penyuluh atau dinas pertanian untuk meningkatkan partisipasi petani muda melalui pemberian kesempatan untukmeingkatkan kemampuan seperti penyuluhan.

Kata kunci : Eksternal, Internal, Partisipasi, Petani Muda

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Animal and Agricultural Sciences
Divisions: Faculty of Animal and Agricultural Sciences > Department of Agribusiness
Depositing User: User Agribisnis
Date Deposited: 21 Mar 2023 02:53
Last Modified: 21 Mar 2023 02:54
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/11142

Actions (login required)

View Item View Item