Search for collections on Undip Repository

ANALISIS KESEDIAAN MEMBAYAR (WILLINGNESS TO PAY) KONSUMEN TERHADAP PRODUK KOPI BERLABEL FAIRTRADE DI BERBAGAI WILAYAH DI INDONESIA

Saraswati, Ni Putu Ermina (2022) ANALISIS KESEDIAAN MEMBAYAR (WILLINGNESS TO PAY) KONSUMEN TERHADAP PRODUK KOPI BERLABEL FAIRTRADE DI BERBAGAI WILAYAH DI INDONESIA. Undergraduate thesis, Program Studi S1 - Agribisnis, Departemen Pertanian.

[img] Text
Cover_Ni Putu Ermina Saraswati.pdf

Download (631kB)

Abstract

Permintaan kopi yang tinggi diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan petani. Adanya sertifikasi Fairtrade dapat menjamin hal tersebut dengan adanya premi sosial, tetapi perusahaan harus mengantisipasi biaya produksi yang lebih tinggi. Oleh karena itu dibutuhkan studi pendahuluan untuk mengetahui nilai kesediaan membayar konsumen terhadap produk kopi berlabel Fairtrade. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakteristik konsumen produk kopi di Indonesia, menganalisis nilai kesediaan membayar (willingness to pay) konsumen dan faktor – faktornya terhadap produk kopi berlabel Fairtrade. Penelitian ini dilakukan pada bulan Mei – Juni 2022 di berbagai wilayah di Indonesia. Pemilihan lokasi penelitian ditentukan secara sengaja (purposive sampling). Sementara sampel yang digunakan sebanyak 218 responden menggunakan cara pengumpulan data dilakukan secara online supaya menggapai responden dari berbagai wilayah di Indonesia. Analisis dilakukan dengan metode analisis deskriptif, analisis contingent valuation method, dan analisis regresi linear berganda. Dari analisis tersebut diketahui bahwa konsumen kopi rata – rata merupakan perempuan berusia 21 – 30 tahun, tingkat pendidikan sarjana, memiliki pendapatan kurang dari Rp 2.000.000, setiap bulan membeli 2 – 4 cups kopi, dan memiliki skor pengetahuan sedang. Responden yang bersedia membayar lebih sebanyak 199 responden dengan nilai rata – rata kesediaan membayar maksimum sebesar Rp 4.909,55 dan total nilai agregat WTP sebesar Rp 977.000. Faktor jenis kelamin, usia, tingkat pendidikan, tingkat pendapatan, kuantitas pembelian, pengetahuan, sikap terhadap lingkungan, dan gaya hidup memiliki pengaruh secara serempak terhadap nilai kesediaan membayar kopi berlabel Fairtrade. Sementara itu hanya variabel jenis kelamin, pengetahuan, dan gaya hidup yang tidak berpengaruh secara parsial terhadap nilai kesediaan membayar kopi berlabel Fairtrade.

Kata kunci: fairtrade, kesejahteraan petani, konsumen, kopi, wtp

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Animal and Agricultural Sciences
Divisions: Faculty of Animal and Agricultural Sciences > Department of Agribusiness
Depositing User: User Agribisnis
Date Deposited: 21 Mar 2023 02:41
Last Modified: 21 Mar 2023 02:42
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/11141

Actions (login required)

View Item View Item