Search for collections on Undip Repository

PENGARUH STRATEGI PROMOSI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP MINAT BERKUNJUNG KEMBALI DESTINASI PARIWISATA TAMAN GRAHA MANGROVE KOTA BONTANG (Studi Pada Wisatawan Destinasi Pariwisata Taman Graha Mangrove Kota Bontang) 82adbis2022

UMUR, SARAH AZMIL (2022) PENGARUH STRATEGI PROMOSI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP MINAT BERKUNJUNG KEMBALI DESTINASI PARIWISATA TAMAN GRAHA MANGROVE KOTA BONTANG (Studi Pada Wisatawan Destinasi Pariwisata Taman Graha Mangrove Kota Bontang) 82adbis2022. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
Cover.pdf - Published Version

Download (389kB)
[img] Text
Bab 1.pdf - Published Version

Download (477kB)
[img] Text
Bab 2.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
Bab 3.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (479kB)
[img] Text
Bab 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (145kB)
[img] Text
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (674kB)

Abstract

Sektor pariwisata berperan penting dalam pembangunan perekonomian di Indonesia, kontribusi yang besar terhadap perekonomian inilah yang menjadi pendukung sebuah perusahaan dalam meningkatkan jumlah pengunjung objek pariwisata.
Taman Graha Mangrove merupakan salah satu destinasi pariwisata yang berada di Kota Bontang. Berdasarkan data yang didapatkan Taman Graha Mangrove mengalami penurunan jumlah pengunjung sejak tahun 2016, diduga penurunan ini diakibatkan oleh wisatawan yang mengalami pengalaman negatif ketika melakukan kunjungan sebelumnya dan kurangnya daya tarik penawaran yang diberikan destinasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi promosi dan kualitas pelayanan terhadap minat berkunjung kembali pada Taman Graha Mangrove Bontang.
Tipe penelitian ini adalah explanatory research dengan penyebaran kuesioner sebagai teknik pengumpulan data. Sampel berjumlah 100 responden dengan pendekatan Accidental sampling dan purposive sampling. Responden yang dipilih merupakan wisatawan yang pernah melakukan kunjungan ke Taman Graha Mangrove Bontang.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi promosi (X1) dan kualitas pelayanan (X2) mampu memberikan pengaruh secara simultan dan positif terhadap minat berkunjung kembali (Y). Dalam penelitian ini variabel kualitas pelayanan memiliki pengaruh yang lebih besar terhadap minat berkunjung kembali. Persepsi negatif yang dimiliki kedua variabel tersebut menyebabkan variabel independen belum dinyatakan sangat baik, sehingga pihak pengelola Taman Graha Mangrove Bontang perlu meningkatkan serta mengembangkan keberagaman media yang digunakan serta meningkatkan nilai kualitas pelayanan dimata masyarakat.

Kata Kunci: Strategi Promosi, Kualitas Pelayanan, Minat Berkunjung Kembali

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 18 Sep 2023 02:52
Last Modified: 18 Sep 2023 02:52
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/11127

Actions (login required)

View Item View Item