Search for collections on Undip Repository

KAJIAN PERENCANAAN KOMPREHENSIF DIGITAL DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PADA CV. SAHAJA 81adbis2022

Amaliyah, Mufidah Fikri (2022) KAJIAN PERENCANAAN KOMPREHENSIF DIGITAL DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PADA CV. SAHAJA 81adbis2022. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
COVER.pdf - Published Version

Download (356kB)
[img] Text
BAB 1.pdf - Published Version

Download (505kB)
[img] Text
BAB 2.pdf - Published Version

Download (147kB)
[img] Text
BAB 3.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (732kB)
[img] Text
BAB 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (172kB)
[img] Text
BAB 5.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (47kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (162kB)

Abstract

Persaingan pasar yang ketat dan mengecilnya pasar pada bidang usaha penerbitan menyebabkan kondisi penjualan CV. Sahaja memiliki grafik fluktuatif dan tidak berhasil memenuhi target penjualan sehingga diperlukan strategi pemasaran yang tepat untuk menciptakan penjualan yang tinggi. Kondisi pandemi dan kemajuan teknologi menjadikan media digital menjadi salah satu peluang besar untuk membantu perusahaan memperoleh penjualan yang tinggi. Oleh karena itu, pemasaran digital menjadi hal yang cukup penting dan perlu dirancang dengan baik. Penelitian ini bertujuan mengetahui tentang Analisis Strategi Pemasaran Digital Dalam Meningkatkan Penjualan Pada CV. Sahaja.
Metode penetilian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Penelitian dilakukan di CV. Sahaja Perum Institut Teknologi Sepuluh November , Jl. Hidrodinamika II No. 45, Keputih, Kec. Sukolilo, Kota Surabaya, Jawa Timur. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini terdiri dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis serta interpretasi data menggunakan analisis model interaktif oleh Miles dan Huberman (1994) yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa analisis situasi dalam strategi pemasaran CV. Sahaja yaitu, menganalisis data yang diambil dari feedback konsumen dan hasil evaluasi perusahaan atas kinerja perusahaan yang didasarkan pada tingkat penjualan. Obyektif dalam strategi pemasaran CV. Sahaja yaitu, menetapkan 1 tujuan secara menyeluruh. Penetapan strategi dalam strategi pemasaran CV. Sahaja yaitu, perusahaan melakukan proses segmentasi, penentuan target, dan menetapkan positioning. Penetapan taktik dalam strategi pemasaran CV. Sahaja yaitu, melakukan kegiatan promosi seperti mengunggah buku di media sosial, melakukan siaran interaktif melalui Instagram, potongan harga, dll. Penetapan aksi dalam strategi pemasaran CV. Sahaja ditetapkan secara spontan tanpa adanya perencanaan yang menyeluruh. Pelaksanaan pengawasan dalam strategi pemasaran CV. Sahaja yaitu, memberikan peringatan secara informal. Oleh karena itu, CV. Sahaja belum melakukan pemasaran digital dengan baik berdasarkan pada metode perencanaan strategi pemasaran digital SOSTAC (situation analysis, objective, strategy, tactics, action, dan control). Saran dari penulis sebaiknya perusahaan melakukan perencanaan secara komprehensif terkait strategi pemasaran digital dengan memperhatikan indikator dan aspek SOSTAC, serta pengelolaan media sosial Instagram dan Whatsapp serta pemanfaatan media sosial lain seperti TikTok dan YouTube dengan baik.

Kata Kunci : Perencanaan Komprehensif, Pemasaran Digital, Penjualan, SOSTAC, Industri Penerbitan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 18 Sep 2023 03:04
Last Modified: 18 Sep 2023 03:04
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/11126

Actions (login required)

View Item View Item