Search for collections on Undip Repository

Pengaruh Pemberian Zink dan Probiotik Terhadap Kadar IL-6 dan Jumlah Neutrofil Jaringan Paru Tikus Wistar (Rattus norvegicus) yang Dipapar Asap Rokok

Andryani, Gita and Mahati, Endang and Tjahjono, Kusmiyati (2022) Pengaruh Pemberian Zink dan Probiotik Terhadap Kadar IL-6 dan Jumlah Neutrofil Jaringan Paru Tikus Wistar (Rattus norvegicus) yang Dipapar Asap Rokok. Masters thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (ABSTRAK-TESIS)
Abstrak.pdf

Download (10kB)

Abstract

Latar Belakang: Paparan asap rokok dapat menyebabkan terjadinya inflamasi. Salah satu sitokin pro-inflamasi adalah IL-6 dan neutrofil. Zink dan probiotik diketahui memiliki efek anti-inflamasi.
Tujuan: Mengetahui pengaruh pemberian zink dan probiotik terhadap kadar IL-6 dan jumlah neutrofil jaringan paru tikus yang dipapar asap rokok.
Metode: Penelitian ini menggunakan metode true experimental dengan desain post test only control group desain pada tikus jantan. Sample penelitian sebanyak 30 tikus yang terbagi menjadi 5 kelompok berbeda. K merupakan kontrol normal; K(-) diberikan paparan asap rokok; P1 diberikan zink dan paparan asap rokok; P2
diberikan probiotik dan paparan asap rokok; P3 diberikan zink, probiotik dan paparan asap rokok. Data kemudian diolah dengan uji One-way ANOVA.
Hasil: Rerata kadar IL-6 pada kelompok P1, P2 dan P3 lebih rendah dibandingkan dengan kelompok K(-) namun tidak berbeda bermakna. Rerata jumlah neutrofil jaringan paru pada kelompok P1, P2 dan P3 lebih rendah dan bermakna dibandingkan dengan kelompok K(-).
Kesimpulan: Zink dan probiotik memiliki efek anti-inflamasi.
Kata Kunci: IL-6, neutrofil, zink, probiotik, paparan asap rokok

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: IL-6, neutrofil, zink, probiotik, paparan asap rokok
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Master Program in Biomedical Science
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 10 Jan 2023 08:32
Last Modified: 10 Jan 2023 08:32
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/11076

Actions (login required)

View Item View Item