Search for collections on Undip Repository

PENGARUH STRESS KERJA DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP TURNOVER INTENTION KARYAWAN (STUDI PADA KARYAWAN BANK JATENG CABANG UTAMA) 70adbis2022

Widjanarko, Gita Pratiwi (2022) PENGARUH STRESS KERJA DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP TURNOVER INTENTION KARYAWAN (STUDI PADA KARYAWAN BANK JATENG CABANG UTAMA) 70adbis2022. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
COVER.pdf - Published Version

Download (772kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (391kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (386kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (740kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (127kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (952kB)

Abstract

Perbankan menjalankan bisnisnya di bidang jasa dengan memberikan pelayanan kepada konsumennya melalui produk-produk yang ditawarkan. Perusahaan perbankan yang ada di Semarang sangat beragam, khususnya perusahaan perbankan milik pemerintah atau BUMN dan juga perusahaan perbankan milik swasta. Banyaknya perusahaan pebankan ini memicu semakin ketatnya persaingan, oleh sebab itu perusahaan perlu mempertahankan keberadaannya sehingga tidak mengalami kekalahan dalam persaingan salah satu caranya adalah dengan melakukan penataan perilaku organisasi dengan baik. Penataan perilaku organisasi yang baik diperlukan agar mampu menciptakan tingkat turnover intention yang rendah. Turnover intention yang rendah dapat dipengaruhi oleh stress kerja yang rendah dam kepuasan kerja yang tinggi. Menurut data turnover karyawan Bank Jateng Cabang Utama menunjukkan adanya perputaran karyawan yang tinggi setiap tahunnya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara stress kerja dan kepuasan kerja terhadap turnover intention karyawan Bank Jateng Cabang Utama. Tipe penelitian ini adalah explanatory research dengan metode sampling jenuh atau sensus. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner kepada 108 responden yang bekerja di Bank Jateng Cabang Utama. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi dengan menggunakan aplikasi SPSS 25.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa stress kerja berpengaruh positif signifikan terhadap turnover intention, kepuasan kerja berpengaruh negatif signifikan terhadap turnover intention, terdapat pengaruh signifikan stress kerja dan kepuasan kerja secara bersamaan terhadap turnover intention.
Saran yang diberikan kepada Bank Jateng Cabang Utama pada aspek stress kerja, dapat melakukan survei berkala dengan menyebar kuesioner kepada karyawannya sehingga dapat diketahui apa yang memicu karyawannya merasa cemas, tegang, dan kebingungan di saat melakukan pekerjaannya dan dapat meminimalisasi hal-hal pemicu tersebut. Pada aspek kepuasan kerja perusahaan dapat melakukan evaluasi apakah gaji/kompensasi yang diberikan kepada karyawan sesuai dengan tugas dan beban kerja karyawan, hendaknya pimpinan dapat menciptakan hubungan kerja yang baik dengan karyawan, dan perlu memberikan peluang/kesempatan yang sama dalam kegiatan promosi jabatan agar karir karyawan dapat meningkat.
Kata Kunci: Stress Kerja, Kepuasan Kerja, Turnover Intention

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 19 Sep 2023 02:09
Last Modified: 19 Sep 2023 02:09
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/11065

Actions (login required)

View Item View Item