Search for collections on Undip Repository

PERAN KANTOR PERTANAHAN DALAM PENERTIBAN TANAH TERLANTAR DI KOTA SALATIGA_105 PDT 2022

ARIFUDDIN, IRFAN and Dewi, IGA Gangga Santi and Ardani, Mira Novana (2022) PERAN KANTOR PERTANAHAN DALAM PENERTIBAN TANAH TERLANTAR DI KOTA SALATIGA_105 PDT 2022. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tanah yang merupakan kebutuhan pokok manusia memiliki kedudukan yang sangat vital. Persediaan tanah di Indonesia kian menipis, hal ini tidak berbanding lurus dengan pertumbuhan jumlah penduduk di Indonesia. Oleh karenanya pemerintah membentuk adanya Peraturan Pemerintah Nomor 20 Tahun 2021 tentang Penertiban Kawasan dan Tanah terlantar guna mengatur tanah - tanah yang telah atau belum dilekati hak atas tanah yang sengaja tidak diusahakan, dipergunakan serta dimanfaatkan untuk ditertibkan. Perlu diadakannya penataan kembali guna meminimalisir adanya pengabaian tanah maupun kawasan agar nantinya tanah tersebut dapat dipergunakan sesuai dengan Surat Keputusan (SK) peruntukannya. Tujuan dari penulisan hukum ini adalah untuk menganalisa tentang
peran Kantor Pertanahan Kota Salatiga dalam paya penertiban tanah-tanah yang terlantar di Kota Salatiga. Selain itu juga menganalisa kendala-kendala yang dihadapi Kantor Pertanahan Kota Salatiga dalam pelaksanaannya di lapangan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan yuridis empiris dimana suatu penelitian dilihat dari sudut pandang ilmu hukum dan peraturan tertulis sebagai data sekunder juga melihat hubungan dan pengaruh hukum sebagai alat untuk mengatur masyarakat dengan melakukan penelitian langsung terhadap subyek penelitian sebagai data primer tempat memperoleh data sebagai sumber pertama yang berhubungan dengan peranan Kantor Pertanahan Dalam Penertiban Tanah Terlantar Di Kota Salatiga. Hasil penelitian menjelaskan bahwa peranan Kantor Pertanahan Kota Salatiga dalam melakukan penertiban tanah terindikasi terlantar di Kota Salatiga sudah sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 20 Tahun 2021 tentang Penertiban Kawasan dan Tanah Terlantar. Di dalam proses berjalannya penertiban ditemukan beberapa kendala yang dihadapi Kantor Pertanahan Kota Salatiga, sehingga perlu diadakan upaya hukum untuk mengatasinya.
Kata kunci : Penertiban, Tanah Terlantar, Kantor Pertanahan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 09 Nov 2023 01:56
Last Modified: 09 Nov 2023 01:56
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/11047

Actions (login required)

View Item View Item