Search for collections on Undip Repository

PENGARUH DESAIN PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN VIRTUAL ITEM PADA GAME ONLINE “MOBILE LEGENDS BANG BANG” (STUDI PADA KONSUMEN MOBILE LEGENDS BANG BANG KOTA SEMARANG) 58adbis2022

Khaliq, Idham (2022) PENGARUH DESAIN PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN VIRTUAL ITEM PADA GAME ONLINE “MOBILE LEGENDS BANG BANG” (STUDI PADA KONSUMEN MOBILE LEGENDS BANG BANG KOTA SEMARANG) 58adbis2022. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
Cover.pdf - Published Version

Download (369kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (549kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (433kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (523kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (143kB)
[img] Text
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (431kB)

Abstract

Mobile Legends: Bang Bang merupakan sebuah game online yang diciptakan oleh Shanghai Moonton Technology Co. Ltd. Dengan capaian satu miliar jumlah unduhan pada seluruh dunia, game ini telah menawarkan berbagai virtual item yang dijual didalam game online mereka. Setiap produk yang dijual memerlukan dua elemen penting untuk meningkatkan nilai belinya, yaitu desain produk dan keputusan pembelian. Untuk meningkatkan keputusan pembelian yang dilakukan oleh konsumen, Moonton telah mengeluarkan virtual item dengan desain produk dan harga terbaiknya. Namun sayangnya, berbeda dengan yang diharapkan oleh perusahaan, beberapa konsumen masih menganggap bahwa desain produk dan harga dari virtual item yang ditawarkan dinilai kurang sesuai dengan apa yang diharapkan konsumen. Terbukti dari beberapa postingan mengenai kekecewaan terhadap desain produk Mobile Legends: Bang Bang dan perbandingan harga dengan virtual item game lain yang terbilang lebih terjangkau dibandingkan produk yang dijual oleh Shanghai Moonton Technology Co. Ltd. dalam permainannya tersebut.
Adapun tipe penelitian yang digunakan yaitu explanatory research dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden yang pernah melakukan pembelian virtual item Mobile Legends: Bang Bang dalam satu tahun terakhir. Peneliti menggunakan teknik non probability sampling yaitu purposive sampling. Penelitian ini ditujukan untuk membuktikan pengaruh antar variabel penelitian menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, koefisien korelasi, koefisien determinasi, analisis regresi linear sederhana dan berganda, serta uji signifikansi (uji t dan uji F). Dalam pengolahan data, peneliti menggunakan bantuan aplikasi SPSS versi 26 dengan hasil terdapat pengaruh positif desain produk terhadap keputusan pembelian, pengaruh positif harga terhadap keputusan pembelian, dan pengaruh positif desain produk dan harga terhadap keputusan pembelian.
Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, peneliti memiliki beberapa saran yaitu perlunya menjaga desain produk dari virtual item, melakukan inovasi-inovasi terhadap desain produk untuk menjaga atau bahkan meningkatkan penilaian konsumen terhadap virtual item game, membenahi permasalahan harga yang ditawarkan agar bisa lebih diterima untuk setiap konsumen, dan menjaga relevansi virtual item dari segi desain dan harganya terhadap kebutuhan dan keinginan konsumen. Semua saran tersebut diharapkan dapat diperbaiki oleh Shanghai Moonton Technology Co. Ltd untuk kedepannya supaya dapat meningkatkan keputusan pembelian dari konsumen dalam skala yang luas.

Kata Kunci: Desain produk, Harga, Keputusan Pembelian

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 19 Sep 2023 07:15
Last Modified: 19 Sep 2023 07:15
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/11041

Actions (login required)

View Item View Item