Search for collections on Undip Repository

PENGARUH CUSTOMER EXPERIENCE TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN MELALUI KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Masyarakat Semarang Pengguna LinkAja) 52adbis2022

Agustiono, Agustiono (2022) PENGARUH CUSTOMER EXPERIENCE TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN MELALUI KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Masyarakat Semarang Pengguna LinkAja) 52adbis2022. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
COVER.pdf - Published Version

Download (532kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (759kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (175kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (15kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan teknologi yang semakin pesat memberikan pengaruh kepada kehidupan manusia di segala bidang. Di era perkembangan teknologi masyarakat Indonesia merubah gaya hidupnya, salah satunya terkait cara bertransaksi. Cara bertransaksi yang awalnya menggunakan uang atau alat pembayaran tunai, saat ini mulai berganti dengan tren cashless. Para pelaku bisnis, khususnya penyedia layanan operator selular melakukan terobosan dengan menggabungkan fungsi ponsel dengan dompet, menyadari bahwa ponsel merupakan alat yang selalu dibawa oleh masyarakat selain dompet. Dari terobosan tersebut menciptakan suatu ide, sehingga lahirlah suatu bentuk terbaru dari pembayaran elektronik yang disebut dengan layanan mobile wallet. Salah satu perusahaan mobile wallet yang ada di Indonesia adalah LinkAja.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Customer Experience (X), terhadap Loyalitas Pelanggan (Y) melalui Kepuasan Pelanggan (Z) (studi pada masyarakat Semarang pengguna LinkAja). Tipe penelitian ini adalah explanatory research. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 100 responden, yang merupakan pengguna LinkAja. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik nonprobability sampling. Pada analisis data menggunakan uji validitas, reliabilitas, koefisien korelasi, koefisien determinasi, analisis regresi linier sederhana, uji t dan analisis sobel dengan menggunakan software SPSS 25.0 for Windows.
Hasil dan pembahasan menunjukkan jika variabel customer experience memiliki kategorisasi baik, kepuasan pelanggan memiliki kategorisasi puas, dan loyalitas pelanggan memiliki kategorisasi loyal. Terdapat pengaruh customer experience terhadap kepuasan pelanggan dengan nilai t hitung (19,584) > t tabel (1,984), terdapat pengaruh kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan dengan nilai t hitung (10,120) > t tabel (1,984), terdapat pengaruh customer experience terhadap loyalitas pelanggan dengan nilai t hitung (9,327) > t tabel (1,984). Saran dalam penelitian ini adalah LinkAja perlu meningkatkan customer experience dan kepuasan pelanggan sehingga dapat meningkatkan loyalitas pelanggannya.

Kata Kunci : Customer Experience, Kepuasan Pelanggan, Loyalitas Pelanggan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 19 Sep 2023 07:55
Last Modified: 19 Sep 2023 07:55
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/11031

Actions (login required)

View Item View Item