Search for collections on Undip Repository

PENGARUH REPUTASI MEREK DAN PERSEPSI KUALITAS JASA TERHADAP LOYALITAS MEREK (STUDI PADA PENGUNJUNG MG SETOS HOTEL SEMARANG)/41/ADM.BISNIS/2022

Permatasari, Adhila Sekar and Listyorini, Sari (2022) PENGARUH REPUTASI MEREK DAN PERSEPSI KUALITAS JASA TERHADAP LOYALITAS MEREK (STUDI PADA PENGUNJUNG MG SETOS HOTEL SEMARANG)/41/ADM.BISNIS/2022. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.

[img] Text
Cover.pdf - Published Version

Download (806kB)
[img] Text
Bab 1.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
Bab 2.pdf - Published Version

Download (542kB)
[img] Text
Bab 3.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Bab 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (303kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (11kB)

Abstract

Perkembangan dalam dunia bisnis dapat dilihat dari semakin ketatnya persaingan antara satu pegiat bisnis dengan yang lainnya yang memaksa setiap perusahaan untuk bersaing mencari strategi yang dapat bersaing di pasar global. Salah satu perusahaan
yang memiliki pesaing yang ketat yaitu perusahaan perhotelan yang ada di Kota Semarang. Munculnya berbagai hotel bintang empat membuat setiap perusahaan perhotelan berlomba lomba untuk memenangkan persaingan. Salah satu faktor penentu
untuk memenangkan persaingan dibutuhkan adanya loyalitas merek. Terdapat aspek loyalitas merek yang tinggi dipengaruhi oleh reputasi merek yang tinggi serta persepsi kualitas jasa yang baik. Berdasarkan data dari Hotel MG Setos bahwa pangsa pasar
MG Setos masih kalah dengan kompetitornya dan ditemui keluhan – keluhan dari pengunjung terhadap kualitas pelayannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh reputasi merek dan persepsi kualitas jasa terhadap loyalitas merek. Populasi penelitian yang digunakan adalah pengunjung Hotel MG Setos Semarang yang pernah menginap di MG Setos lebih dari satu kali, sedangkan sampelnya berjumlah 100 responden dengan teknik yang digunakan adalah non probability
sampling dan juga metode purposive sampling. Tipe daripada penelitian ini adalah explanatory research. Skala pengukuran yang digunakan adalah skala likert dengan bantuan aplikasi SPSS for windows 21.0 version analisis data menggunakan uji
validitas, reliabilitas, koefisien korelasi, koefisien determinasi, analisis regresi sederhana dan berganda serta uji signifikan t dan Uji F. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa reputasi merek berpengaruh signifikan terhadap loyalitas merek, persepsi kualitas jasa berpengaruh signifikan terhadap loyalitas merek, serta reputasi merek dan persepsi kualitas jasa berpengaruh signifikan
terhadap loyalitas merek. Adapun saran yang dapat diberikan bagi Hotel MG Setos adalah MG Setos perlu lebih memahami karakter konsumen, sehingga dapat menyesuaikan apa yang menjadi kebutuhan konsumen serta memperbaiki dan mengoptimalkan kualitas pelayanannya.

Kata Kunci: Reputasi Merek, Persepsi Kualitas Jasa, Loyalitas Merek

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 16 Jan 2024 08:09
Last Modified: 16 Jan 2024 08:09
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/11013

Actions (login required)

View Item View Item