Search for collections on Undip Repository

HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN KELUARGA DENGAN SELF-REGULATED LEARNING PADA SISWA DI SMA STELLA DUCE 1 DAN 2 YOGYAKARTA

Panggabean, Wulan Miranda and Widayanti, Costrie Ganes (2022) HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN KELUARGA DENGAN SELF-REGULATED LEARNING PADA SISWA DI SMA STELLA DUCE 1 DAN 2 YOGYAKARTA. Undergraduate thesis, Undip.

[img] Text
ABSTRAK_Wulan Miranda P_15000118140178.pdf

Download (140kB)

Abstract

Self-regulated learning merupakan kemampuan siswa dalam merancang strategi belajar untuk mencapai tujuan akademik yang telah ditetapkan. Kemampuan ini diperlukan oleh siswa untuk mencapai prestasi akademik. Salah satu faktor eksternal yang berpengaruh dalam self-regulated learning adalah dukungan keluarga. Dukungan keluarga merupakan persepsi positif anak terhadap perilaku yang ditunjukkan oleh anggota keluarga bahwa anak layak untuk dihargai dan dipedulikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan keluarga dengan self-regulated learning pada siswa di SMA Stella Duce 1 dan 2 Yogyakarta. Populasi penelitian adalah 280 siswa SMA Stella Duce 1 dan 2 Yogyakarta, dan sampel sejumlah 162 siswa diperoleh dari proportionate stratified random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan Skala Dukungan Keluarga (49 aitem; α = 0,95) dan Skala Self-Regulated Learning (14 aitem; α = 0,82). Analisis statistik menggunakan JASP (Jeffrey’s Amazing Statistics Program) versi 16.4. Uji Spearman Rho menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara dukungan keluarga dengan self-regulated learning (rs = 0,169; p <0,05). Artinya, semakin tinggi dukungan keluarga, maka akan semakin tinggi self-regulated learning pada siswa di SMA Stella Duce 1 dan 2 Yogyakarta.

Kata kunci: dukungan keluarga; self-regulated learning; siswa SMA boarding school.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Fakultas Psikologi
Date Deposited: 01 Feb 2024 08:24
Last Modified: 01 Feb 2024 08:24
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/11005

Actions (login required)

View Item View Item