Search for collections on Undip Repository

HUBUNGAN ANTARA KEPUASAN HUBUNGAN ROMANTIS DENGAN PSYCHOLOGICAL WELL-BEING PADA PEREMPUAN YANG BERPACARAN DENGAN TARUNA PELAYARAN

Millemareta, Vivian Sherin Riandi and Widodo, Prasetyo Budi (2022) HUBUNGAN ANTARA KEPUASAN HUBUNGAN ROMANTIS DENGAN PSYCHOLOGICAL WELL-BEING PADA PEREMPUAN YANG BERPACARAN DENGAN TARUNA PELAYARAN. Undergraduate thesis, Undip.

[img] Text
ABSTRAK SHERIN.pdf

Download (293kB)

Abstract

Psychological well-being sebagai persepsi positif atas tantangan hidup dan upaya mewujudkan potensi asli dalam diri sendiri, sedangkan kepuasan hubungan adalah evaluasi subjektif dari pola interaksi yang mencerminkan tingkat kepuasan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menguji hubungan antara kepuasan hubungan romantis dengan psychological well-being pada perempuan yang berpacaran dengan taruna pelayaran politeknik X. Populasi penelitian ini merupakan perempuan yang sedang menjalani hubungan romantis berpacaran dengan taruna pelayaran politeknik X minimal enam bulan lamanya dan berusia diantara 18 hingga 25 tahun dengan jumlah 145 subjek yang diperoleh melalui snowball sampling. Lalu alat ukur yang digunakan pada penelitian ini terdapat dua skala yaitu skala psychological well-being versi 42 aitem milik Ryff yang telah diadaptasi oleh Wahyuningsih (2016) dimana dari 42 aitem menjadi total 36 aitem dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,913 dan skala kepuasan hubungan romantis sebanyak 36 aitem menjadi 30 aitem dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,904. Hasil penelitian uji hipotesis menggunakan Spearman’s Rho yang menunjukkan adanya hubungan positif antara kepuasan hubungan romantis terhadap psychological well-bein sebesar r = 0,608 dengan p = <,001 (p>0,05). Hasil penelitian yang telah dikakukan mampu membuktikan bahwa semakin tinggi kepuasan hubungan romantis yang dijalani oleh perempuan yang berpacaran dengan taruna pelayaran politeknik X maka akan semakin meningkat psychological well-beingnya, maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis dalam penelitian ini diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Fakultas Psikologi
Date Deposited: 02 Feb 2024 08:44
Last Modified: 02 Feb 2024 08:44
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/11002

Actions (login required)

View Item View Item