Search for collections on Undip Repository

"BUNGA YANG TUMBUH USAI BADAI BERLALU" Interpretative Phenomenological Analysis Tentang Pengalaman Stress-related Growth Pada Penyintas COVID-19

Adni, Amalia Isyfi Nurahya and Sakti, Hastaning (2023) "BUNGA YANG TUMBUH USAI BADAI BERLALU" Interpretative Phenomenological Analysis Tentang Pengalaman Stress-related Growth Pada Penyintas COVID-19. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
Abstrak B. Indo dan B. Inggris.pdf

Download (202kB)

Abstract

Pandemi COVID-19 memberikan dampak di berbagai aspek
kehidupan masyarakat, terutama pada kesehatan masyarakat, khususnya kesehatan psikologis. Pandemi COVID-19 beresiko memunculkan berbagai masalah psikologis, salah satunya stres. Di sisi lain, usai individu menghadapi peristiwa dengan stres tinggi, individu memiliki potensi untuk berkembang menjadi pribadi yang lebih baik. Kondisi ini disebut dengan stress-related growth. Stress-related growth adalah perubahan positif usai menghadapi peristiwa dengan tekanan yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan memahami pengalaman stress-related growth pada penyintas COVID-19. Partisipan dalam penelitian ini berjumlah tiga orang yang dipilih melalui metode purposive sampling dengan kriteria: (1) berusia di atas 18-40 tahun; (2) pernah terinfeksi COVID-19 pada tahun 2021; (3) merasa pernah menghadapi masa kritis; (4) mengalami atau merasakan perubahan positif secara psikologis setelah sembuh dari COVID-19; dan (5) bersedia menjadi partisipan penelitian. Metode analisis yang digunakan yaitu Interpretative Phenomenological Analysis (IPA) dengan penggalian data melalui metode wawancara semi terstruktur. Penelitian ini membuahkan hasil berupa tiga tema induk, yaitu (1) penghayatan terhadap pengalaman sebagai penyintas COVID-19; (2) dinamika perkembangan secara personal; dan (3) dinamika perubahan hubungan sosial. Kemudian, ditemukan tema khusus pada salah satu partisipan, yaitu dinamika kewaspadaan berlebih terhadap higienitas diri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Fakultas Psikologi
Date Deposited: 01 Feb 2024 08:23
Last Modified: 01 Feb 2024 08:23
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/11000

Actions (login required)

View Item View Item