Hapsari, Dinda Prinita and Wijayanto, Andi and Hidayat, Wahyu (2022) PENGARUH E-SERVICE QUALITY DAN PERCEIVED RISK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PENGGUNA APLIKASI TOKOPEDIA DI KOTA SEMARANG/32/ADM.BISNIS/2022. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.
Text
COVER.pdf - Published Version Download (374kB) |
|
Text
BAB 1.pdf - Published Version Download (472kB) |
|
Text
BAB 2.pdf - Published Version Download (289kB) |
|
Text
BAB 3.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (667kB) |
|
Text
BAB 4.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (59kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (191kB) |
Abstract
Laju pertumbuhan bisnis marketplace meningkat pesat seiring dengan berkembangnya pemakai internet. Hal ini dikarenakan tren online shopping yang memerikan rasa nyaman untuk berbelanja daring: mereka bisa berbelanja dengan nyaman tanpa mengkhawatirkan jam buka toko yang tidak menentu, macet, dan persediaan yang tidak ada di toko. Tokopedia sebagai laman websitemarketplace dari Indonesia yang berhasil memanfaatkan peluang di pasar bisnis dalam negeri. Tokopedia memiliki misi dalam memeratakan ekonomi secara daring dengan mendorong masyarakat Indonesia agar memulai kegiatan jual beli secara daring. Tokopedia pun mendukung usaha kecil menengah dan individu guna yang bekerja sama dengan pemerintah, serta pihak lainnya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari e-service quality dan perceived risk terhadap keputusan pembelian marketplace Tokopedia di Kota Semarang, dengan tipe penelitian yang digunaka yaitu explanatory research. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu dengan teknik nonprobability sampling dan metode purposive sampling. Dalam penelitian ini sampel yang digunakan sebanyak 100 responden dan di analisis menggunakan pendekatan kuatitatif. Pengolahan data dilakukan dengan enggunakan uji validitas dan reliabilitas, koefisien korelasi, koefisien determinasi, regresi linier sederhana, regresi linier berganda, uji t dan uji F.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah variabel e-service quality dan perceived risk berpengaruh signifikan terhadap variabel keputusan pembelian pada marketplace Tokopedia di Kota Semarang. Saran yang diberikan adalah Tokopedia dapat mengoptimalkan search engine optimalization (SEO), rutin melakukan pengecekan sistem aplikasi dan tanggap dalam menanggapi error dan bugs, tidak ditampilkan di halaman dan lebih jelas lagi mengenai syarat dan ketentuan promo, dan dapat menambahkan fitur keamanan secara otomatis dan meningkatkan keamanan data secara internal maupun bekerjasama dengan pihak ketiga institusi siber keamanan.
Keywords: e-service quality, perceived risk, keputusan pembelian.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Social Science and Political Science |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration |
Depositing User: | diana nirwani |
Date Deposited: | 06 Jan 2023 03:51 |
Last Modified: | 06 Jan 2023 03:51 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/10994 |
Actions (login required)
View Item |