Search for collections on Undip Repository

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DANFASILITAS WISATA TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG KEMBALI DENGAN KEPUASAN PENGUNJUNG SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Pengunjung Hortimart Agro Center Bawen)/29/ADM.BISNIS/2022

Huda, Novia Nur and Suryoko, Sri (2022) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DANFASILITAS WISATA TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG KEMBALI DENGAN KEPUASAN PENGUNJUNG SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Pengunjung Hortimart Agro Center Bawen)/29/ADM.BISNIS/2022. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.

[img] Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (273kB)
[img] Text
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (549kB)
[img] Text
3. BAB II.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text
4. BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (903kB)
[img] Text
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (104kB)
[img] Text
6. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (159kB)
[img] Text
7. LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Hortimart Agro Center Bawen merupakan salah satu destinasi agrowisata yang didirikan tahun 1970 dan lokasinya berada di Jalan Gatot Subroto No. 55, Bawen, KabupatenSemarang. Jumlah pengunjung Agrowisata Hortimart Agro Center secara absolut terus mengalami kenaikan setiap tahunnya yang tercatat dalam empat tahun terakhir, namun selama dua tahun terakhir realisasi pengunjung yang berkunjung belum mencapai target yang ditentukan oleh perusahaan dan selama empat tahun terakhir keluhan selama kunjungan juga mengalami kenaikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan fasilitas wisata terhadap keputusan berkunjung kembali melalui kepuasan pengunjung. Tipe penelitian ini adalah explanatory research dengan teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner dan wawancara. Sampel dari penelitian ini adalah 100 pengunjung Hortimart Agro Center Bawen yang pernah melakukan kunjungan lebih dari 1 kali. Analisis data menggunakan teknik analisis jalur dibantu dengan software Statistical Package for Social Science (SPSS) versi 25.0 for windows dimana sebelumnya digunakan uji validitas, reliabilitas, koefisien korelasi, koefisien determinasi, analisis regresi sederhana dan berganda, uji signifikansi (uji t dan uji f), uji sobel terlebih dahulu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh variabel independen memiliki pengaruh signifikan terhadap variabel dependen, sedangkan variabel kepuasan pengunjung berperan sebagai variabel mediasi parsial penuh yang menunjukkan ada pengaruh tidak langsung variabel kualitas pelayanan dan fasilitas wisata terhadap keputusan berkunjung kembali. Saran yang diajukan meliputi : menambahkan kanopi pada lahan parkir motor, mempertimbangkan penambahan mobil keliling atau bisa diganti dengan sepeda, menambahkan bangku dan gazebo di titik destinasi wisata yang ramai seperti di daerah waduk, penggantian dengan wisata lain yang masih bisa dinikmati di waduk tersebut tanpa menutup akses ke waduk saat musim kemarau, menyediakan beberapa pos pengamanan yang dapat jelas dilihat dan mudah dijangkau oleh pengunjung, mobil keliling diberi ruang khusus untuk penyandang disabilitas, dan penambahan jumlah bangku tunggu di sekitar restoran, Kotak saran perlu ditambah pada lokasi yang bisa terlihat jelas oleh pengunjung.

Kata Kunci: KualitasPelayanan, FasilitasWisata, KepuasanBerkunjung, Keputusan Berkunjung Kembali

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 16 Jan 2024 07:57
Last Modified: 16 Jan 2024 07:57
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/10989

Actions (login required)

View Item View Item