Search for collections on Undip Repository

PENGARUH WORK-LIFE BALANCE DAN WORK SATISFACTION TERHADAP TURNOVER INTENTION KARYAWAN KONTRAK PT.SUKUNTEX – SPINNING KUDUS/27/ADM.BISNIS/2022

Ariyani, Anita and Pradhanawati, Ari and Prabawani, Bulan (2022) PENGARUH WORK-LIFE BALANCE DAN WORK SATISFACTION TERHADAP TURNOVER INTENTION KARYAWAN KONTRAK PT.SUKUNTEX – SPINNING KUDUS/27/ADM.BISNIS/2022. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.

[img] Text
COVER.pdf - Published Version

Download (5MB)
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (875kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (343kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (425kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Fenomena yang sering terjadi dalam suatu sistem manajemen sumber daya Manusia di beberapa perusahaan adalah turnover intention. Turnover Intentionmenjadi salah satu masalah kritis yang sering ditelaah oleh banyak peneliti dalam studi organisasi dari berbagai prespektif. Turnover Intentionmengacu padapemikiran individu tentang kemungkinan untuk meninggalkan pekerjaan mereka dalam waktu tertentu. Bagi kebanyakan organisasi, fenomena turnover intention lebih dianggap menakutkan dibandingkan dengan turnover itu sendiri. Ada beberapa aspek yang akan mempengaruhi karyawan untuk memiliki niat untuk beralih pekerjaan. Dalam penelitian ini, peneliti mencoba untuk menyelidiki pengaruh keseimbangan kehidupan kerja dan kepuasan kerja terhadap pergantianniat karyawan kontrak di industri textile di Kudus, Jawa Tengah.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh beberapa variabel yaitu work-life balance, work satisfaction terhadap turnover intention dalam diri karyawan kontrak PT. Sukuntex – Spinning Kudus. Karyawan kontrak dipercaya menjadi kelompok karyawan yang paling beresiko memiliki sikap turnover intention yang tinggidalam organisasi.
Penelitian ini merupakan penelitian eksplanatori dengan pendekatan kuantitatif. Terdapat 105 kuesioner yang dikumpulkan dari 117 kuesioner yang telah didistribusikan kepada kelompok terpilih dengan teknik pengambilan sampel menggunakan sensus.Pengumpulan data menggunakan instrument kuesioner dengan skala pengukuran likert. Analisis data menggunakan SPSS for windows versi 25.Hasil penelitian menunjukkan bahwa work-life balancedan work satisfaction berhubungan secara negative dan signifikan terhadap turnover intentionyang ada pada karyawan kontrak PT. Sukuntex – Spinning Kudus. Variabel work satisfaction merupakan elemen yang paling mempengaruhi tingkat turnover intention di antara karyawan kontrak. Temuan penelitian membuktikan bahwa work-life balance dan work satisfaction adalahelemen penting yang sangat mempengaruhi turnover intentionorganisasi khususnya pada karyawan kontrak.

Kata Kunci: Keseimbangan Kehidupan Kerja, Kepuasan Kerja, Niat Berpindah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 16 Jan 2024 07:52
Last Modified: 16 Jan 2024 07:52
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/10987

Actions (login required)

View Item View Item