Search for collections on Undip Repository

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, FASILITAS, DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA (Studi pada Pasien Rawat Jalan Klink Pratama Al-Fatah Kabupaten Kudus)/11/ADM.BISNIS/2022

Fadlilah, Ifa Nur and Listyorini, Sari (2022) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, FASILITAS, DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA (Studi pada Pasien Rawat Jalan Klink Pratama Al-Fatah Kabupaten Kudus)/11/ADM.BISNIS/2022. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.

[img] Text
cover.pdf - Published Version

Download (283kB)
[img] Text
Bab 1.pdf - Published Version

Download (550kB)
[img] Text
Bab 2.pdf - Published Version

Download (245kB)
[img] Text
Bab 3.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Bab 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (45kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (148kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pertumbuhan dan perkembangan ilmu pengetahuan serta teknologi yang semakin canggih mengakibatkan persaingan yang ketat dalam dunia bisnis. Persaingan bisnis yang ketat tidak hanya terjadi pada bisnis yang bergerak di bidang industri dan perdagangan saja, namun juga terjadi dalam bidang layanan jasa. Salah satu sektor jasa yang mengalami perkembangan sangat potensial adalah jasa kesehatan. Dengan banyaknya fasilitas kesehatan yang bermunculan, baik itu milik pemerintah ataupun pribadi, diharapkan pengelola dapat mempertahanan usahanya dengan cara memberikan kepuasan kepada pasien dengan memperhatikan beberapa aspek, diantaranya kualitas pelayanan, fasilitas, dan harga.
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas, dan Harga (Studi Kasus Pada Pasien Rawat Jalan Klinik Pratama Al Fatah Kabupaten Kudus). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pasien rawat jalan Klinik Pratama Al Fatah Kabupaten Kudus pada tahun 2017 – 2020 yang berjumlah 72.466 pasien. Sedangkan, jumlah sampel yang dijadikan responden dalam penelitian ini berjumlah 100 pasien Klinik Pratama Al Fatah Kabupaten Kudus dengan persyaratan yang telah ditentukan. Teknik pengambilan sampel menggunakan Non Probability Sampling dengan metode purposive sampling dan accidental sampling.
Analisis data dilakukan menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, koefisien korelasi, koefisien determinasi, regresi linier, dan uji signifikansi (uji t dan uji F) dengan menggunakan bantuan software SPSS 25.0 for Windows. Hasil pengujian menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan, fasilitas, dan harga secara simultan berpengaruh positif terhadap kepuasan pasien dengan nilai 18,720 (F hitung) > 2,701 (F tabel).
Saran yang diberikan dalam penelitian ini yakni pengelola dapat meningkatkan mutu pelayanan dengan maksimal, meningkatkan penyediaan fasilitas sebagai penunjang kinerja seluruh karyawan serta meningkatkan kenyamanan pasien, dan menyesuaikan kembali harga yang telah ditetapkan.

Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Fasilitas, Harga, Kepuasan Pasien

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 05 Jan 2023 06:54
Last Modified: 05 Jan 2023 06:54
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/10970

Actions (login required)

View Item View Item