Search for collections on Undip Repository

MENINGKATKAN TERAPI SUPORTIF KELOMPOK DALAM MENGATASI KECEMASAN WARGA BINAAN WANITA MELALUI TRANSFORMATIONAL LEADERSHIP LITERATURE REVIEW

Bina, Maria Yoanita and Ardani, Muhammad Hasib (2022) MENINGKATKAN TERAPI SUPORTIF KELOMPOK DALAM MENGATASI KECEMASAN WARGA BINAAN WANITA MELALUI TRANSFORMATIONAL LEADERSHIP LITERATURE REVIEW. In: SEMINAR NASIONAL KEPERAWATAN “Pengembangan Self Management Pada Pelayanan Kesehatan”, 17 November 2018, Semarang.

[img] Text
MENINGKATKAN TERAPI SUPORTIF KELOMPOK DALAM MENGATASI KECEMASAN WARGA BINAAN WANITA MELALUI TRANSFORMATIONAL LEADERSHIP LITERATURE REVIEW.pdf

Download (738kB)

Abstract

Pendahuluan: Kecemasan jika tidak diatasi dapat menimbulkan respon maladaptif yang dapat merugikan individu maupun warga binaan lainnya. Terapi suportif kelompok dapat digunakan untuk mengatasi kecemasan bagi warga binaan wanita. Oleh karena itu, perlu adanya transformasional leadership untuk meningkatkan penggunaan terapi kelompok suportif. Tujuannya untuk memberikan gambaran terkait transformational leadership dalam meningkatkan terapi suportif kelompok dalam mengatasi kecemasan warga binaan wanita.
Metode: Metode yang digunakan adalah literature review. Pencarian sumber pustaka dilakukan melalui website PubMeds, ScienceDirect, Medline, Sagepubs dan Google Scholar. Tahun penerbitan artikel yang digunakan adalah tahun 2008 sampai 2017. Kata kunci yang digunakan adalah terapi kelompok suportif, correctional setting, prisioners, jails, immate, dan transformational leadership. Hasil: Transformational leadership dapat digunakan untuk meningkatkan terapi suportif kelompok. Transformational leadership dilakukan melalui perawat sebagai role model memberikan pengaruh ideal kepada warga binaan wanita untuk melakukan perubahan melalui terapi suportif kelompok; perawat memotivasi warga binaan wanita untuk mengatasi permasalahan yang dialami; perawat mendorong usulan ide-ide baru yang memberdayakan warga binaan untuk menyelesaikan masalah dengan menggunakan pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki; perawat dengan pertimbangan pribadi membimbing maupun melakukan pengawasan langsung terhadap warga binaan wanita dalam menerapkan terapi suportif kelompok.
Kesimpulan: Peningkatan terapi suportif kelompok pada warga binaan wanita dapat dilakukan oleh perawat yang memiliki peran sebagai pemimpin melalui transformational leadership. Namun, penggunaan transformational leadership perlu dibuktikan lebih lanjut dengan penelitian untuk mengetahui pengaruhnya terhadap peningkatan terapi suportif kelompok terhadap kecemasan warga binaan wanita.

Item Type: Conference or Workshop Item (Poster)
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Nursing
Depositing User: S.Hum Bekti Iskandar
Date Deposited: 05 Jan 2023 06:33
Last Modified: 05 Jan 2023 06:33
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/10969

Actions (login required)

View Item View Item