Search for collections on Undip Repository

PENGARUH VIRAL MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SUNSCREENWARDAH MELALUI BRAND AWARENESS SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Mahasiswa Universitas Diponegoro Semarang)/03/ADM.BISNIS/2022

Pratama, Carolina Algista Zahra and Dewi, Reni Shinta and Wijayanto, Andi (2022) PENGARUH VIRAL MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SUNSCREENWARDAH MELALUI BRAND AWARENESS SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Mahasiswa Universitas Diponegoro Semarang)/03/ADM.BISNIS/2022. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.

[img] Text
COVER.pdf - Published Version

Download (502kB)
[img] Text
BAB 1.pdf - Published Version

Download (744kB)
[img] Text
BAB 2.pdf - Published Version

Download (317kB)
[img] Text
BAB 3.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (814kB)
[img] Text
BAB 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (51kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (179kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (907kB)

Abstract

Era industri 4.0 dan perkembangan teknologi mengubah perilaku konsumen yang semula biasa berbelanja secara langsung menjadi berbelanja online. Hal tersebut menyebabkan persaingan ketat dalam bisnis termasuk bidang kosmetik yang perlu semakin gencar melakukan pemasaran di media sosial, seperti melalui Viral marketing. SunscreenWardah telah berupaya melakukan Viral marketing demi meningkatkan Brand awareness konsumen, namun belum berpengaruh secara spesifik terhadap penjualan produk tersebut. Sehingga dengan melihat permasalahan yang ada, penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengetahui Pengaruh Viral marketing Terhadap Keputusan Pembelian SunscreenWardah Melalui Brand awareness Sebagai Variabel Intervening yang diuji berdasarkan variabel namun dijabarkan melalui pengaruh dari masing-masing dimensi/indikator variabel bebas (independent variable). Jumlah sampel sebanyak 100 responden dengan teknik pengambilan sampel nonprobability sampling yaitu purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner, studi pustaka, serta wawancara. Tipe penelitian ini ialah explanatory research yang diolah menggunakan software SmartPLS 3.3.3 dengan hasil variabel The messenger (Celebrity endorser) dalam Viral marketing memiliki pengaruh negatif tidak signifikan terhadap variabel Brand awareness, variabel The message (pesan iklan) berpengaruh positif signifikan terhadap Brand awareness, variabel The environment (Social media marketing) dalam Viral marketing berpengaruh positif signifikan terhadap Brand awareness, variabel Brand awareness berpengaruh positif signifikan terhadap Keputusan Pembelian, masing-masing dimensi Viral marketing memiliki pengaruh yang berbeda terhadap Keputusan Pembelian melalui Brand awareness. Dimensi The messenger dalam indirect effect terhadap variabel Keputusan Pembelian memiliki pengaruh negatif tidak signifikan, The message dalam indirect effect terhadap variabel Keputusan Pembelian memiliki pengaruh positif signifikan, serta The environment dalam indirect effect terhadap variabel Keputusan Pembelian memiliki pengaruh positif signifikan.

Kata Kunci: Viral marketing, Brand awareness, Keputusan Pembelian

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 05 Jan 2023 03:38
Last Modified: 05 Jan 2023 03:38
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/10961

Actions (login required)

View Item View Item