Search for collections on Undip Repository

PENGARUH STRUKTUR MODAL TERHADAP NILAI PERUSAHAAN MELALUI KINERJA PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI PADA PERUSAHAAN SUBSEKTOR MAKANAN DAN MINUMAN YANG TERCATAT PADA BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2016-2020)/01/ADM.BISNIS/2022

Ingracia, Meliana and Wijayanto, Andi and Saryadi, Saryadi (2022) PENGARUH STRUKTUR MODAL TERHADAP NILAI PERUSAHAAN MELALUI KINERJA PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI PADA PERUSAHAAN SUBSEKTOR MAKANAN DAN MINUMAN YANG TERCATAT PADA BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2016-2020)/01/ADM.BISNIS/2022. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.

[img] Text
Cover.pdf - Published Version

Download (647kB)
[img] Text
BAB 1.pdf - Published Version

Download (743kB)
[img] Text
BAB 2.pdf - Published Version

Download (438kB)
[img] Text
BAB 3.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (600kB)
[img] Text
BAB 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (25kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (142kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (933kB)

Abstract

Dalam menentukan keputusan investasi, investor perlu mempertimbangkan banyak indikator seperti kinerja perusahaan, profitabilitas, likuiditas, dan nilai perusahaan. Nilai perusahaan akan menggambarkan kesejahteraan yang diberikan perusahaan kepada investor yang tercermin dalam harga saham. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh struktur modal terhadap nilai perusahaan dengan kinerja perusahaan sebagai variabel intervening pada perusahaan subsektor makanan dan minuman yang tercatat di Bursa Efek Indonesia periode 2016-2020.
Populasi yang digunakan adalah perusahaan makanan dan minuman yang tercatat di Bursa Efek Indonesia yang berjumlah 32 perusahaan. Sedangkan sampel penelitian ditentukan berdasarkan metode purposive sampling dengan kriteria yaitu perusahaan yang listing di Bursa Efek Indonesia sebelum tahun 2016 dan mempublikasikan laporan keuangannya secara berturut-turut selama periode penelitian, sehingga menghasilkan 18 perusahaan sebagai sampel penelitian. Tipe penelitian yang digunakan adalah eksplanatori. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder bersumber dari laporan keuangan perusahaan yang dipublikasikan dalam Bursa Efek Indonesia. Metode analisis data adalah analisis regresi dan sobel test yang sebelumnya dilakukan uji asumsi klasik, uji korelasi, dan uji koefisien determinasi. Analisis data dilakukan dengan bantuan software SPSS versi 25.
Hasil penelitian ini menunjukkan struktur modal berpengaruh negatif dan signifikan terhadap nilai perusahaan dan kinerja perusahaan secara parsial. Kinerja perusahaan secara parsial tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Sedangkan secara simultan, struktur modal dan kinerja perusahaan berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan dengan nilai F hitung (3,667) > nilai F tabel (3,115). Hasil pengujian Sobel Test membuktikan bahwa kinerja perusahaan tidak mampu memediasi pengaruh struktur modal terhadap nilai perusahaan.
Saran yang diberikan kepada perusahaan adalah sebagai upaya perusahan meningkatkan nilai perusahaan, perusahaan dapat lebih memperhatikan penentuan komposisi struktur modal dan meminimalkan penggunaan hutang untuk mengurangi resiko finansial yang dapat menurunkan nilai perusahaan. Bagi para investor, dalam menentukan emiten untuk berinvestasi sebaiknya investor mempertimbangkan komposisi struktur modal pada perusahaan.

Kata Kunci: Struktur Modal, Nilai Perusahaan, Harga Saham, Kinerja Perusahaan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 05 Jan 2024 04:02
Last Modified: 05 Jan 2024 04:02
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/10958

Actions (login required)

View Item View Item