Search for collections on Undip Repository

Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan(Studi Kasus Pada PDAM Tirta Moedal Kota Semarang)/99/ADM.PUBLIK/2021

Anindya, Erina Try and Lestari, Hesti and Rostyaningsih, Dewi (2021) Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan(Studi Kasus Pada PDAM Tirta Moedal Kota Semarang)/99/ADM.PUBLIK/2021. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.

[img] Text
COVER.pdf - Published Version

Download (383kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (864kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (314kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (442kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (57kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (50kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya keluhan masyarakat terkait ketidakpuasan atas kualitas pelayanan serta harga yang ditetapkan pihak PDAM Tirta Moedal Kota Semarang. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) Mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan di PDAM Tirta Moedal Kota Semarang, (2) Mengetahui pengaruh harga terhadap kepuasan pelanggan di PDAM Tirta Moedal Kota Semarang, (3) Mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan di PDAM Tirta Moedal Kota Semarang. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif eksplanatori, dengan sampel penelitian sebanyak 100. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Probability Sampling. Teknik analisis pada penelitian ini yaitu uji validitas, uji reliabilitas, koefisien Konkordasi Kendall (W), korelasi Kendall Tau, dan koefisien Determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan memiliki nilai koefisien korelasi sebesar 0,545, dengan taraf signifikansi 0,01; (2) Harga terhadap Kepuasan Pelanggan memiliki nilai koefisien korelasi sebesar 0,563, dengan taraf signifikansi 0,01; (3) Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Pelanggan memiliki nilai koefisien korelasi sebesar 0,998, dengan taraf signifikansi 0,01. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan; terdapat pengaruh antara Harga terhadap Kepuasan Pelanggan; serta terdapat pengaruh antara Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Pelanggan pada PDAM Tirta Moedal Kota Semarang. Saran yang diberikan yaitu membuat suatu langkah operasional untuk meningkatkan kualitas pelayanan yang sesuai dengan ekspektasi pelanggan, dianjurkan pula melakukan pengembangan pada kualitas airnya, dan memberikan kejelasan akan tarif harga dalam catatan tagihan air pelanggan kepada pelanggan.

Kata Kunci: Kepuasan Pelanggan, Kualitas Pelayanan, Harga

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Public Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 05 Jan 2024 03:53
Last Modified: 05 Jan 2024 03:53
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/10955

Actions (login required)

View Item View Item