Rosita, Kiki Meidiana and Lestari, Hesti and Rostyaningsih, Dewi (2021) PENGARUH PROSEDUR PELAYANAN DAN KEMAMPUAN PEGAWAI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PEMBUATAN AKTA KELAHIRAN DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN CATATAN SIPIL KOTA SEMARANG/98/ADM.PUBLIK/2021. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini didasari oleh banyaknya keluhan masyarakat dalam mengurus Akta kelahiran di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Semarang. Tujuan dalam penelitian ini yaitu : (1) Mengetahui pengaruh prosedur pelayanan terhadap kualitas pelayanan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Semarang, (2) Mengetahui pengaruh kemampuan pegawai terhadap kualitas pelayanan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Semarang, (3) Mengetahui pengaruh prosedur pelayanan dan kemampuan pegawai terhadap kualitas pelayanan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Semarang. Metodepenelitian yang digunakanadalahkuantitatifeksplanatori, dengansampelpenelitiansebanyak 100 orang. Teknik pengambilansampelyaitumenggunakanteknikProbability Sampling. KhususnyamenggunakanteknikRandom Sampling. Teknik analisis pada penelitianiniyaitu uji validitas, uji reliabilitas, korelasi Kendall Tau, dan koefisiendeterminasi. Hasil penelitianmenunjukkanbahwa (1) Prosedur Pelayanan terhadap Kualitas Pelayanan memiliki korelasi sebesar 0,631 dengan taraf signifikansi 0,01, (2) Kemampuan Pegawai terhadap Kualitas Pelayanan memiliki korelasi sebesar 0,607 dengan taraf signifikansi 0,01, (3) Prosedur Pelayanandan Kemampuan Pegawai terhadap Kualitas Pelayanan (Y) memiliki nilai korelasi sebesar 0,763 dengan taraf signifikan 0,01. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara Prosedur Pelayanan terhadap Kualitas Pelayanan; Kemampuan Pegawai terhadap Kualitas Pelayanan; dan Prosedur Pelayanandan Kemampuan Pegawai terhadap Kualitas Pelayanan. Saran yang diberikan adalah memperluas informasi prosedur pembuatan akta kelahiran dan meningkatkan kemampuan sumber daya manusia yang ada dengan evaluasi rutin yang berdasar pada saran atau kritik masyarakat.
Kata Kunci :Prosedur Pelayanan, Kualitas Pelayanan, Kemampuan Pegawai.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Social Science and Political Science |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Department of Public Administration |
Depositing User: | Users 162 not found. |
Date Deposited: | 05 Jan 2023 02:17 |
Last Modified: | 05 Jan 2023 02:17 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/10954 |
Actions (login required)
View Item |