Search for collections on Undip Repository

HUBUNGAN AKUNTABILITAS DAN TRANSPARANSITERHADAPPENGELOLAAN DANA DESADI DESA TAMANAGUNG, KECAMATAN MUNTILAN, KABUPATEN MAGELANG/86/ADM.PUBLIK/2021

Rosyan, Adam Nurfaizi and Rahman, Amni Zarkasyi and Kismartini, Kismartini (2021) HUBUNGAN AKUNTABILITAS DAN TRANSPARANSITERHADAPPENGELOLAAN DANA DESADI DESA TAMANAGUNG, KECAMATAN MUNTILAN, KABUPATEN MAGELANG/86/ADM.PUBLIK/2021. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.

[img] Text
COVER.pdf - Published Version

Download (359kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (378kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (391kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (494kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img] Text
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (244kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (152kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (971kB)

Abstract

Dalam mengelola dana desa, Pemerintah Desa Tamanagung, Kecamatan Muntilan, Kabupaten Magelang harus dapat memberikan kepercayaan kepada masyarakat serta pengelolaan yang baik. Namun, masih ditemukan akuntabilitas dan transparansi anggaran yang tidak diketahui banyak oleh masyarakat, serta beberapa fungsi pengelolaan dana desa yang tidak dilakukan dengan baik seperti perbaikan infrasturktur desa, yang tidak diseimbangkan dengan kenaikan anggaran dana desa setiap tahunnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan akuntabilitas terhadap pengelolaan dana desa, transparansi terhadap pengelolaan dana desa, dan secara bersama sama akuntabilitas serta transparansi terhadap pengelolaan dana desa. Metodelogi penelitian ini adalah kuantitaif dengan mengumpulkan data menggunakan kuisioner kepada responden yang terdiri dari perangkat desa, ketua RT dan RW. Teknik analisis yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, dan korelasi antar variabel. Hasil peneltian menunjukan bahwa akuntabilitas memiliki hubungan yang positif dan signifikan terhadap pengelolaan dana desa, juga transparansi memiliki hubungan yang positif dan signifikan terhadap pengelolaan dana desa, serta secara simultan akuntabilitas dan transparansi memiliki hubungan yang signifikan terhadap pengelolaan dana desa. Selain itu, dalam uji R Square diketahui kontribusi variabel bebas terhadap variabel terikat sebesar 44,9%.

Kata Kunci : Pengelolaan Dana Desa, Akuntabilitas, Transparansi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Public Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 04 Jan 2023 03:48
Last Modified: 04 Jan 2023 03:48
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/10924

Actions (login required)

View Item View Item