Search for collections on Undip Repository

IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENANGANAN PERMUKIMAN KUMUH MELALUI PROGRAM KOTAKU DI KELURAHAN BANDARHARJO KECAMATAN SEMARANG UTARA/85/ADM.PUBLIK/2021

ANINDITA, NILA PUTRI and Rostyaningsih, Dewi and Lestari, Hesti (2021) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENANGANAN PERMUKIMAN KUMUH MELALUI PROGRAM KOTAKU DI KELURAHAN BANDARHARJO KECAMATAN SEMARANG UTARA/85/ADM.PUBLIK/2021. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.

[img] Text
COVER.pdf - Published Version

Download (948kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (608kB)
[img] Text
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (218kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (349kB)

Abstract

Meningkatnya jumlah penduduk setiap tahun membuat wilayah permukiman menjadi semakin padat dan tidak layak huni. Permukiman yang tidak layak huni menjadikan kondisi lingkungan tidak sesuai dengan standar kesehatan dan juga memberikan dampak visual yang kurang baik bagi wilayah perkotaan. Guna menangani permasalahan permukiman yang tidak layak huni, maka Ditjen Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat mengadakan program KOTAKU (Kota Tanpa Kumuh) secara Nasionalmelalui gerakan 100-0-100 yaitu 100% akses air minum, 0% kawasan kumuh, serta 100% akses sanitasi. Salah satu wilayah di Kota Semarang yang menerapkan program KOTAKU adalah kelurahan Bandarharjo kecamatan Semarang Utara. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi tak berperan, wawancara dan dokumentasi serta kualitas data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada tahap a) Persiapan, telah berjalan dengan baik dan lancar b) Perencanaan, telah berjalan sesuai dengan tujuan program c) Pelaksanaan, belum berjalan dengan baik karena belum sepenuhnya wilayah kumuh Bandarharjo dapat tertangani d) Keberlanjutan, belum sepenuhnya berjalan karena pada kegiatan pemanfaatan dan pemeliharaan belum dapat dijalankan secara berkelanjutan. Hasil penelitian di lapangan menunjukkan faktor pendukung implementasi program antaralain 1) Informasi 2) Dukungan Masyarakat 3) Pembagian Potensi. Faktor yang menghambat antaralain 1) Isi Kebijakan belum sepenuhnya berjalan sesuai tujuan program 2) Adanya pandemi Covid-19. Saran dari peneliti antaralain 1) Peningkatan koordinasi antar pelaksana guna pemaksimalan anggaran serta melibatkan pihak swasta 2) Penyuluhan dan peninjauan rutin kepada masyarakat terkait pemeliharaan dan pemanfaatan 3) Perlu adanya sanksi tegas kepada wilayah yang acuh terhadap lingkungannya 4) Penyuluhan warga melalui door to door atau social media 5) Peningkatan koordinasi lembaga melalui rapat rutin 6)Pemerintah perlu memfokuskan pembagian dana untuk penanganan covid-19 dan penanganan kumuh.

Kata kunci : Permukiman Kumuh, Implementasi KOTAKU.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Public Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 04 Jan 2023 03:36
Last Modified: 04 Jan 2023 03:36
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/10920

Actions (login required)

View Item View Item