Search for collections on Undip Repository

IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENANGGULANGAN HIV/AIDSDI KOTA SEMARANG (Berdasarkan Peraturan Daerah Kota Semarang Nomor 4 Tahun 2013)/82/ADM.PUBLIK/2021

Adilina, Neysadella and Rostyaningsih, Dewi and Lestari, Hesti (2021) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENANGGULANGAN HIV/AIDSDI KOTA SEMARANG (Berdasarkan Peraturan Daerah Kota Semarang Nomor 4 Tahun 2013)/82/ADM.PUBLIK/2021. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.

[img] Text
COVER.pdf - Published Version

Download (346kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (430kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (440kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (468kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (161kB)
[img] Text
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (62kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (59kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (335kB)

Abstract

Sejak Covid-19 dinyatakan sebagai pandemi dunia, HIV/AIDS seolah hilang padahal penyebarannya pun tetap terjadi. Perkembangan temuan pengidap HIV/AIDS di Kota Semarang semakin meningkat setiap tahunnya. Banyaknya infeksi HIV/AIDS ini disebabkan oleh maraknya perilaku berisiko tinggi tertular HIV/AIDS di wilayah populasi kunci. Selain itu, masih rendahnya pemahaman masyarakat mengenai pencegahan, penularan, dan pananggulangan HIV/AIDS. Rendahnya pengetahuan masyarakat tentunya akan menimbulkan stigma negatif yang tinggi di masyarakat. Sehubungan dengan hal tersebut, sebagai respon atas banyaknya kasus HIV/AIDS, dan kurangnya pemahaman masyarakat, Pemerintah Daerah Kota Semarang lantas menetapkan landasan hukum, yakni Peraturan Daerah Kota Semarang Nomor 4 Tahun 2013 tentang Penanggulangan HIV/AIDS di Kota Semarang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan menganalisis bagaimana implementasi kebijakan penanggulangan HIV/AIDS di Kota Semarang, serta mengetahui sejauh mana strategi yang telah dilakukan oleh Pemerintah Daerah Kota Semarang untuk mencapai keberhasilan implementasi kebijakan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi Program Penanggulangan HIV/AIDS di Kota Semarang yang berpedoman pada Peraturan Daerah Kota Semarang Nomor 4 Tahun 2013 tentang Penanggulangan HIV AIDS di Kota Semarang, yaitu promosi, pencegahan, penanganan, dan rehabilitasi sosial, dinilai sudah cukup baik. Akan tetapi, masih terdapat beberapa faktor yang menghambat proses pelaksanaan implementasi program tersebut, yaitu kegiatan distribusi kondom yang belum maksimal, masih ada ODHA yang putus pengobatan, belum semua pihak yang terlibat memahami isi dari Perda, dan faktor pandemi Covid-19. Oleh karena itu, rekomendasi yang dapat diberikan adalah meningkatkan kegiatan penjangkauan sekaligus penyuluhan ke tempat beresiko tinggi tertular HIV, dan menggandeng KDS/WPA untuk melakukan pendekatan dan pendampingan kepada ODHA.

Kata Kunci : implementasi kebijakan, pencegahan, penanganan, penanggulangan HIV/AIDS

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Public Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 05 Jan 2024 03:44
Last Modified: 05 Jan 2024 03:44
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/10915

Actions (login required)

View Item View Item