Search for collections on Undip Repository

KAJIAN PERBANDINGAN MODEL 3 DIMENSI MENGGUNAKAN TEKNOLOGI TERRESTRIAL LASER SCANNER (TLS) LEICA RTC360 DAN LEICA BLK2GO (STUDI KASUS: CANDI MENDUT, KABUPATEN MAGELANG)

Muhammad Aditya Henla, ADIT and Dr. Yudo Prasetyo, ST, MT, Yudo (2022) KAJIAN PERBANDINGAN MODEL 3 DIMENSI MENGGUNAKAN TEKNOLOGI TERRESTRIAL LASER SCANNER (TLS) LEICA RTC360 DAN LEICA BLK2GO (STUDI KASUS: CANDI MENDUT, KABUPATEN MAGELANG). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
KAJIAN PERBANDINGAN MODEL 3 DIMENSI MENGGUNAKAN TEKNOLOGI TERRESTRIAL LASER SCANNER (TLS) LEICA RTC360 DAN LEICA BLK2GO (STUDI KASUS_ CANDI MENDUT, KABUPATEN MAGELANG), BAB I, Daftar Pustaka.pdf

Download (975kB)

Abstract

Candi Mendut merupakan candi yang bercorak agama Buddha yang didirikan sekitar abad ke 9 oleh dinasti Sailendra semasa dengan Candi Borobudur dan termasuk warisan budaya dunia yang diakui UNESCO pada tahun 1991 bersama dengan Candi Borobudur beserta Candi Pawon. Oleh karena itu, Candi Mendut harus tetap dijaga keberadaannya. Hal ini menjadi alasan peneliti memilih Candi Mendut untuk dijadikan sebagai objek penelitian dikarenakan data rekonstruksi model 3 dimensi Candi Mendut yang belum ada dari tahun semenjak dilakukan pemugaran pertama kali oleh pemerintahan Belanda pada tahun 1898. Lalu dengan ditunjukkannya sejarah Candi Mendut terkena dampak erupsi Gunung Merapi sebanyak lima kali dan terakhir kali pada tahun 2006 terdampak erupsi ringan. Permasalahan lainnya ialah dengan munculnya teknologi dalam memperoleh model 3 dimensi secara efektif dan efisien sehingga perlunya penggunaan teknologi yang cocok di dalam pemodelan 3 dimensi khususnya pada Candi Mendut. Fotogrametri rentang dekat dengan memperoleh data model 3 dimensi berbasis teknologi terrestrial laser scanner Leica RTC360 dan Leica BLK2GO menjadi jawaban yang dapat menghasilkan data point cloud secara rapat dan baik sehingga pengambilan data dapat dilakukan dengan efektif dan efisien. Hasil yang peneliti peroleh berdasarkan data di lapangan dengan menggunakan Leica RTC360 memperoleh kualitas ketelitian posisi dengan RMSE XYZ sebesar 0,041 meter, lalu ketelitian jarak menggunakan teknologi Leica RTC360 memperoleh RMSE sebesar 0,037 meter. Leica BLK2GO menghasilkan ketelitian posisi RMSE XYZ sebesar 0,089 meter. Dari segi ketelitian jarak, Leica BLK2GO menghasilkan RMSE sebesar 0,043 meter. Berdasarkan akurasi posisi CityGML, pemodelan 3 dimensi Candi Mendut menggunakan teknologi Leica RTC360 dan Leica BLK2GO termasuk ke dalam level of detail (LOD) 4 dengan memperoleh akurasi posisi lebih kecil dari 0,2 meter. Uji statistik yang peneliti gunakan yaitu paired sample t test, hasil model 3 dimensi dengan menggunakan teknologi Leica RTC360 dan Leica BLK2GO memiliki perbedaan rata-rata sampel jarak antara kedua teknologi. Berdasarkan perbandingan teknologi Leica RTC360 dengan teknologi Leica BLK2GO dari segi ketelitian geometri dan visualisasi model 3 dimensi yang dibentuk, teknologi Leica RTC360 lebih baik dari pada Leica BLK2GO untuk kebutuhan rekonstruksi pemodelan 3 dimensi Candi Mendut, Kabupaten Magelang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Candi Mendut, Fotogrametri Rentang Dekat, Model 3 Dimensi, Terrestrial Laser Scanner
Subjects: Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Geodetic Engineering
Depositing User: Geodesi undip
Date Deposited: 03 Jan 2023 09:01
Last Modified: 03 Jan 2023 09:01
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/10901

Actions (login required)

View Item View Item