Search for collections on Undip Repository

ANALISIS ZONA NILAI TANAH PADA WILAYAH KUMUH DENGAN METODE NETWORK ANALYSIS BERDASARKAN RENCANA PENATAAN LINGKUNGAN PERMUKIMAN (STUDI KASUS KAWASAN KUMUH KECAMATAN SEMARANG UTARA, KOTA SEMARANG)

SITI BADRIYAH, SITI and FAUZI JANU AMARROHMAN, ST, MT, FAUZI (2022) ANALISIS ZONA NILAI TANAH PADA WILAYAH KUMUH DENGAN METODE NETWORK ANALYSIS BERDASARKAN RENCANA PENATAAN LINGKUNGAN PERMUKIMAN (STUDI KASUS KAWASAN KUMUH KECAMATAN SEMARANG UTARA, KOTA SEMARANG). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
Siti Badriyah Judul, BAB I, Daftar Pustaka.pdf

Download (558kB)

Abstract

Permukiman kumuh merupakan permasalahan yang sering terjadi di perkotaan. Permukiman kumuh sering terjadi dikarenakan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah pengaruh dari arus urbanisasi yang tidak terkontrol. Adanya permasalahan permukiman kumuh akan berdampak pada harga tanah di kawasan tersebut. Harga tanah dapat diketahui nilainya dengan perhitungan terhadap zona nilai tanah. Zona nilai tanah merupakan kumpulan dari bidang tanah dengan harga tanah yang hampir sama. Pembuatan zona nilai tanah 2022 mengacu pada petunjuk teknis penilaian tanah dan ekonomi pertanahan tahun 2021. Perhitungan zona nilai tanah diharapkan dapat digunakan untuk mewujudkan informasi nilai tanah yang akurat dan mencerminkan kondisi pasar yang sebenarnya. Pada penelitian ini juga dilakukan perhitungan jarak antara zona nilai tanah dengan simpul aktivitas dengan metode network analysis. Simpul aktivitas yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Pasar Boom Lama dan Kota Lama. Dengan adanya perhitungan tersebut diharapkan dapat mengetahui pengaruh jarak simpul aktivitas. Perhitungan dilakukan dengan menggunakan regresi linier berganda. Untuk mengetahui pengaruh skor kumuh terhadap harga tanah menggunakan regresi linier sederhana. Dari 52 zona dengan 226 sampel didapatkan zona dengan harga tanah tertinggi yaitu zona 28 yang memiliki harga tanah Rp 17.227.361 per m2. Sedangkan untuk zona yang memiliki harga tanah terendah adalah zona 46 yaitu dengan harga Rp 652.158 per m2. Korelasi (R) yang secara simultan (Bersama-sama) antara variabel jarak Pasar Boom Lama (X1) dan Jarak Kota Lama (X2) terhadap harga tanah/m2 (Y) diperoleh nilai sebesar 0,517 dengan arah hubungan negatif menunjukkan bahwa semakin jauh jarak Pasar Boom Lama dan Kota Lama maka harga tanah semakin turun. Nilai ini menunjukkan korelasi yang cukup kuat antara variabel X dan
Y. Konstribusi yang diberikan oleh kedua variabel bebas terhadap variabel terikat adalah 26,8%. Korelasi skor kumuh dengan harga tanah diperoleh nilai sebesar r = -0,623. Menunjukkan apabila nilai skor kumuh naik maka harga tanah turun secara signifikan. Model persamaan regresi sederhana digunakan untuk memperkirakan harga tanah yang dipengaruhi oleh skor kumuh adalah Y = 4638521,132 – 108354,405 X.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: ZNT (Zona Nilai Tanah), Kekumuhan, Simpul Aktivitas, Network Analysis, Regresi Linier
Subjects: Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Geodetic Engineering
Depositing User: Geodesi undip
Date Deposited: 03 Jan 2023 08:47
Last Modified: 03 Jan 2023 08:47
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/10900

Actions (login required)

View Item View Item