Search for collections on Undip Repository

HUBUNGAN PENERAPAN PROGRAM OPEN DEFECATION FREE (ODF) DI LINGKUP RUMAH TANGGA DENGAN KEJADIAN DIARE PADA BALITA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS TEGAL BARAT

RAMADINA, RISKI LAILIA (2022) HUBUNGAN PENERAPAN PROGRAM OPEN DEFECATION FREE (ODF) DI LINGKUP RUMAH TANGGA DENGAN KEJADIAN DIARE PADA BALITA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS TEGAL BARAT. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
REPO RISKI.pdf - Published Version

Download (17kB)

Abstract

Diare masih menjadi masalah kesehatan yang terjadi di Kota Tegal. Angka kejadian diare pada balita di wilayah kerja Puskesmas Tegal Barat sebesar 140 kasus (5,6%) yang melakukan pelayanan kesehatan di Puskesmas Tegal Barat pada tahun 2021. Masih banyaknya masyarakat yang belum memiliki sarana sanitasi yang layak dan buang air besar sembarangan menggambarkan bahwa pelaksanaan program open defecation free (ODF) belum berjalan optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara penerapan program open defecation free (ODF) atau Stop Buang Air Besar Sembarangan di lingkup rumah tangga dengan kejadian diare balita di wilayah kerja Puskesmas Tegal Barat. Jenis penelitian ini adalah observasional dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian ini yaitu balita berusia 0-59 bulan di wilayah kerja Puskesmas Tegal Barat. Sampel yang diambil sebanyak 100 menggunakan metode proporsional random sampling. Analisis data menggunakan chi square dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian diketahui bahwa rumah tangga yang menerapkan program open defecation free (ODF) sebanyak 45,0% (45) dan kejadian diare pada balita sebesar 54,0% (54). Ada hubungan antara penerapan program open defecation free di Iingkup rumah tangga dengan kejadian diare pada balita di wilayah kerja Puskesmas Tegal Barat Kota Tegal (p-value 0,001). Hasil perhitungan Prevalence Ratio (PR) didapatkan nilai 4,705 (95% CI 2,483-8,914) yang berarti tidak menerapkan program open defecation free (ODF) pada keluarga memiliki resiko 4,7 kali mengalami kejadian diare pada balita dibandingkan keluarga yang menerapkan program open defecation free (ODF). Maka dapat disimpulkan bahwa kejadian diare pada balita di wilayah kerja Puskesmas Tegal Barat dipengaruhi oleh perilaku rumah tangga yang masih BAB sembarangan dan tidak memiliki sanitasi yang layak.
Kata kunci : Penerapan ODF, Sanitasi, Diare, Balita

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: endah nurkhayati
Date Deposited: 03 Jan 2023 07:35
Last Modified: 03 Jan 2023 07:35
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/10899

Actions (login required)

View Item View Item