Search for collections on Undip Repository

ANALISIS PERBANDINGAN MODEL 3 DIMENSI CANDI SELOGRIYO MENGGUNAKAN TEKNOLOGI UNMANNED AERIAL VEHICLE DIFFERENTIAL REAL-TIME KINEMATIC (UAV DRTK) DAN TERRESTRIAL LASER SCANNER (TLS)

Fadhil Fathur Rahman, FADHIL and Dr. Yudo Prasetyo, ST, MT, Yudo (2022) ANALISIS PERBANDINGAN MODEL 3 DIMENSI CANDI SELOGRIYO MENGGUNAKAN TEKNOLOGI UNMANNED AERIAL VEHICLE DIFFERENTIAL REAL-TIME KINEMATIC (UAV DRTK) DAN TERRESTRIAL LASER SCANNER (TLS). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
Fadhil Fathur Rahman_Analisis Perbandingan Model 3 Dimensi Candi Selogriyo Menggunakan Teknologi Unmanned Aerial Vehicle Differential Real-Time Kinematic (UAV DRTK) dan Terrestrial Laser Scanner (TLS)_BAB I_.pdf

Download (1MB)

Abstract

Candi Selogriyo merupakan salah satu candi peninggalan Hindu yang berupa cagar budaya. Pada Desember tahun 1998 Candi Selogriyo pernah mengalami longsor, yang mengakibatkan dilakukan rekontruksi ulang bangunan candi yang memakan waktu cukup lama dan rampung pada tahun 2005. Rekonstruksi dapat dipermudah dengan pemodelan 3 dimensi bangunan candi sekaligus dimanfaatkan untuk konservasi candi sebagai cagar budaya. Metode Terrestrial Laser Scanner (TLS) menjadi salah satu teknologi terkini yang dapat dimanfaatkan dalam pemodelan 3D yang memiliki ketelitian yang tinggi. Namun penggunaan metode Terrestrial Laser Scanner memerlukan biaya yang tidak sedikit. Metode pemodelan 3D lain yang memiliki akurasi dan kemampuan yang mirip atau lebih bagus dibandingkan TLS dengan biaya operasional yang lebih rendah dibutuhkan untuk mengatasi hal tersebut. Metode Unmanned Aerial Vehicle Differential Real-Time Kinematic (UAV DRTK) dapat menjadi alternatif teknologi yang dapat digunakan untuk pemodelan 3D dengan biaya yang lebih murah. Pada penelitian ini membahas bagaimana ketelitian dari pemodelan 3D menggunakan metode Terrestrial Laser Scanner (TLS) dan Unmanned Aerial Vehicle Differential Real-Time Kinematic (UAV DRTK). Akuisisi data pada penelitian ini menggunakan TLS Leica RTC360 dan UAV DJI Phantom 4 DRTK. Data TLS yang didapat akan diolah menggunakan software Cyclone Register untuk registrasi point cloud dan Cyclone 3DR untuk pemodelan 3 dimensinya. Data foto udara hasil perekaman UAV akan diolah menggunakan software Trimble Business Center. Hasil dari penelitian ini adalah model 3D bangunan Candi Selogriyo dari pengukuran menggunakan TLS dan UAV. Perhitungan ketelitian hasil pengukuran foto udara yang dilakukan, didapatkan nilai RMSE jarak sebesar 0,005 m, RMSE koordinat X bernilai 0,010 m, RMSE koordinat Y bernilai 0,039 m dan RMSE koordinat Z bernilai 0,014 m. Sedangkan untuk perhitungan ketelitian hasil pengukuran Terrestrial Laser Scanner (TLS) didapatkan nilai RMSE jarak sebesar 0,002 m, RMSE koordinat X bernilai 0,008 m, RMSE koordinat Y bernilai 0,039 m dan RMSE koordinat Z bernilai 0,009 m. Berdasarkan hasil perhitungan akurasi posisi model lebih kecil dari 0,5 m, pemodelan 3 dimensi Candi Selogriyo masuk ke tingkat Level of Detail (LoD) 3, yaitu masuk ke dalam skala model arsitektur (eksterior) dan landmark. Teknologi TLS merupakan teknologi yang lebih baik dibandingkan dengan UAV DRTK dalam pemodelan 3 dimensi. Namun, apabila sulit mendapatkan alat TLS, maka UAV DRTK dapat digunakan sebagai gantinya dengan hasil model 3 dimensi yang cukup baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Akurasi, Candi, Model 3D, Terrestrial Laser Scanner, Unmaned Aerial Vehicle
Subjects: Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Geodetic Engineering
Depositing User: Geodesi undip
Date Deposited: 03 Jan 2023 03:38
Last Modified: 03 Jan 2023 03:38
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/10889

Actions (login required)

View Item View Item