Search for collections on Undip Repository

EFEKTIVITAS UP4 (UNIT PENGELOLAAN PENGADUAN PELAYANAN PUBLIK) DALAM PENGELOLAAN PENGADUAN PELAYANAN PUBLIK KABUPATEN KENDAL/64/ADM.PUBLIK/2021

Anni’ami, Alvissukri and Warsono, Hardi (2021) EFEKTIVITAS UP4 (UNIT PENGELOLAAN PENGADUAN PELAYANAN PUBLIK) DALAM PENGELOLAAN PENGADUAN PELAYANAN PUBLIK KABUPATEN KENDAL/64/ADM.PUBLIK/2021. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.

[img] Text
COVER.pdf - Published Version

Download (211kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (322kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (268kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (150kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (46kB)
[img] Text
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (89kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (298kB)

Abstract

UP4 (Unit Pengelola Pengaduan Pelayanan Publik) merupakan unit pengelola pengaduan pelayanan publik yang dimiliki oleh pemerintah Kabupaten Kendal. Konsep good governance (tata laksana pemerintahan yang baik) hadir sebagai salah satu jalan keluar dalam pemecahan masalah dari beberapa tuntutan didalam masyarakat, dan diharapkan mampu untuk mengatasi setiap permasalahan yang muncul didalam proses pelayanan publik. Melalui UP4 (Unit Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik) aduan dari berbagai OPD (Organisasi Perangkat Daerah) melalui berbagai kanal media yang terintegrasi secara berjenjang,pelaksanaan otonomi dapat berjalan sebagaimana mestinya dan dapat ditangani secara cepat, transparan, dan akuntabel sesuai dengan kewenangan masing-masing penyelenggara.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas UP4 (Unit Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik) dalam pengaduan pelayanan publik Kabupaten Kendal serta mengetahui faktor yang menjadi kendala UP4 (Unit Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik) dalam pengaduan pelayanan publik Kabupaten Kendal. Metode penelitian deskriptif kualitatif, dengan metode analisis data menurut Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa UP4 (Unit Pengelola Pengaduan Pelayanan Publik) di Kabupaten Kendal belum berjalan secara efektif, dilihat menggunakan indikator Input, proses dan output. Faktor yang menjadi kendalaUP4, yaitu terbatasnya sumberdaya yang menyebabkan masyarakat dalam mendapat tanggapan pengaduan menjadi tidak tepat waktu. Pengaduan yang berbasis online, seharusnya laporan pengaduan juga bisa ditransparansikan melalui media online.Hasil penelitian ini merekomendasikan untuk membentuk tim khusus unutk proses konfirmasi dan pengumpulan data, adanya transparansi data yang jelas kepada masyarakat terkait dengan data aduan, Perlu adanya penambahan sumberdaya manusia untuk menangani dan mengelola aduan.

Kata Kunci: Efektivitas UP4, transparansi,pengaduan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Master Program in Public Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 02 Jan 2023 07:45
Last Modified: 02 Jan 2023 07:45
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/10854

Actions (login required)

View Item View Item