Search for collections on Undip Repository

Transformational Leadership Dalam Upaya Penerapan Terapi Musik Pada 364 Pasien Post Operasi Di Ruang Icu : Literature Review

Haq, Rosma Karina and Ardani, Muhammad Hasib (2018) Transformational Leadership Dalam Upaya Penerapan Terapi Musik Pada 364 Pasien Post Operasi Di Ruang Icu : Literature Review. In: SEMINAR NASIONAL KEPERAWATAN “Pengembangan Self Management Pada Pelayanan Kesehatan”, 17 November 2018, Semarang.

[img] Text
TRANSFORMATIONAL LEADERSHIP DALAM UPAYA PENERAPAN TERAPI MUSIK PADA PASIEN POST OPERASI Di RUANG ICU LITERATURE REVIEW.pdf

Download (668kB)

Abstract

Pendahuluan: Penatalaksanaan nyeri pada pasien post operasi salah satunya dengan tindakan mandiri perawat melalui pemberian terapi musik. Musik memiliki aspek terapeutik yang memberikan rasa tenang, memperbaiki kondisi fisik dan psikis pasien. Penerapan tindakan madiri perawat saat ini belum optimal dilaksanakan. Masih banyak pemimpin yang sering menggunakan gaya kepemimpinan yang lama seperti gaya kepemimpinan otoriter, laissez faire atau situasional. Kepemimpinan transformasional saat ini masih belum dilaksanakan oleh setiap pemimpin dalam organisasi.
Metode: Metode yang digunakan adalah literature review dengan melakukan analisa, sintesa, dan membandingkan hasil-hasil penelitian seperti artikel dan jurnal dari tahun 2008 sampai 2015, yang diakses melalui Science Direct dan PubMed. Kata kunci yang digunakan dalam pencarian artikel adalah transformational leadership, pain, music therapy.
Hasil: Transformational leadership dapat meningkatkan upaya penerapan tindakan mandiri perawat pada pasien post operasi melalui pemberian terapi musik. Gaya kepemimpinan transformasional yang digunakan melaui perilaku pemimpin yang karismatik, inspiratif, memiliki rangsangan intelektual, dan pertimbangan yang diindividualkan.
Kesimpulan: Transformational leadership dapat diterapkan dalam penatalaksanaan pasien di ruang ICU sehingga kualitas pelayanan dan kepuasan pasien meningkat.

Item Type: Conference or Workshop Item (Poster)
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Nursing
Depositing User: S.Hum Bekti Iskandar
Date Deposited: 02 Jan 2023 07:32
Last Modified: 02 Jan 2023 07:33
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/10853

Actions (login required)

View Item View Item