Search for collections on Undip Repository

KERANGKA KOMUNIKASI DALAM PELAKSANAAN TIMBANG TERIMA DI INSTALASI GAWAT DARURAT

Pujiyanti, Tri Andri and Dwiantoro, Luky and Ardani, Muhammad Hasib (2018) KERANGKA KOMUNIKASI DALAM PELAKSANAAN TIMBANG TERIMA DI INSTALASI GAWAT DARURAT. In: SEMINAR NASIONAL KEPERAWATAN “Pengembangan Self Management Pada Pelayanan Kesehatan”, 17 November 2018, Semarang.

[img] Text
KERANGKA KOMUNIKASI DALAM PELAKSANAAN TIMBANG TERIMA DI INSTALASI GAWAT DARURAT.pdf

Download (830kB)

Abstract

Latar belakang : Komunikasi di Instalasi Gawat Darurat(IGD) adalah faktor kunci yang berkontribusi terhadap keselamatan pasien. Timbang terima di IGD yang buruk menghasilkan transfer informasi yang tidak lengkap dan akibatnya pengulangan pemeriksaan, pengobatan tertunda, kesalahan pengobatan, rawat ulang yang semestinya dapat dihindari, peningkatan morbiditas dan mortalitas pasien. Maka Diperlukan adanya kerangka timbang terima yang dapat meningkatkan transfer informasi secara lengkap dan akurat untuk memugkinkan asuhan keperawatan yang aman dan berkualitas di IGD.
Tujuan: Memperoleh kerangka komunikasi yang tepat dalam pelaksanaan timbang terima di iGD
Metode : Metode yang digunakan dalam penulisan ini adalah studi literature Review. Pencarian sumber melalui Medline, CINAHL, Ebsco, PubMed, dan Proquest tahun 2010 hingga 2018, dalam bahasa Inggris, dan full text. Kata kunci pencarian yaitu Clinical Handover, Nursing Handover, Communication framework, Emergency Departement.
Hasil : Dari studi literatur tersebut diperoleh ada 7 kerangka komunikasi yang dapat digunakan untuk timbang terima di IGD. Enam kerangka komunikasi yaitu: P-VITAL, ISBAR, I-PASS, ASHICE, AT-MIST, SBAR-DR menyampaikan informasi tentang identitas pasien, kondisi pasien, rencana tindakan dan pengobatan. Sedangkan satu kerangka komunikasi yang lain yaitu The ABC ofHandover dengan komponen ABCDE
(Areas/Allocation, Bed/Bugs/Breaches, Colleagues/Consultant, Deaths/Disasters/Deserters, Equipment/External Event) bukan hanya menyampaikan informasi tentang kondisi pasien saja, melainkan tentang waktu tunggu, pembagian tempat tidur/ruangan, petugas, alat dan insiden. Hal ini dapat mempermudah proses pencatatan dan pelaporan kerja IGD.
Kesimpulan : The ABC of Handover merupakan kerangka timbang terima yang paling tepat digunakan dalam pelaksanaan timbang terima di IGD

Item Type: Conference or Workshop Item (Poster)
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Nursing
Depositing User: S.Hum Bekti Iskandar
Date Deposited: 02 Jan 2023 07:26
Last Modified: 02 Jan 2023 07:26
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/10849

Actions (login required)

View Item View Item