Search for collections on Undip Repository

FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEIKUTSERTAAN LANSIA DALAM VAKSINASI COVID-19 DI KABUPATEN PONOROGO (Studi di Kecamatan Balong dan Kecamatan Jambon)

HUSEN, MUHAMAD FARID (2022) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEIKUTSERTAAN LANSIA DALAM VAKSINASI COVID-19 DI KABUPATEN PONOROGO (Studi di Kecamatan Balong dan Kecamatan Jambon). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
REPO MUH FARID.pdf - Published Version

Download (30kB)

Abstract

Lansia merupakan kelompok yang paling rentan terkena infeksi COVID-19. Vaksinasi COVID-19 pada lansia dapat memberikan perlindungan yang efektif, namun cakupan vaksinasi COVID-19 pada lansia masih tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan keikutsertaan lansia dalam vaksinasi COVID-19 di Kabupaten Ponorogo. Penelitian ini menggunakan desain studicross-sectional. Besar sampel adalah 130 lansia di Kecamatan Jambon dan Balong. Teknik pengambilan sampel adalah kuota sampling. Data diperoleh melalui wawancara langsung dengan lansia pada bulan Juli hingga September 2022, data dianalisis dengan menggunakan uji chi-square.Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan antara pengetahuan(p value 0,005), persepsi kerentanan (p value 0,002), persepsi manfaat (p value 0,003), persepsi hambatan (p value 0,007), dukungan keluarga (p value 0,001), dan kebijakan pemerintah (p value 0,00) dengan keikutsertaan lansia dalam vaksinasi COVID-19. Perlu dipertimbangkan untuk menambah jadwal layanan pos vaksinasi pada posyandu lansia dan perlu adanya edukasi kepada lansia beserta keluarga dengan fokus faktor risiko COVID-19, konsep vaksinasi dan klarifikasi mengenai isu efek samping setelah vaksin dengan melibatkan tokoh masyarakat setempat.

Kata kunci : COVID-19, Vaksin COVID-19, Lansia, Keikutsertaan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: endah nurkhayati
Date Deposited: 02 Jan 2023 06:51
Last Modified: 02 Jan 2023 06:51
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/10842

Actions (login required)

View Item View Item