Saraswati, Maria Tika and Lestari, Hesti and Rostyaningsih, Dewi (2021) Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat Pengguna Bus Rapid Transit (BRT) di Kota Semarang/50/ADM.PUBLIK/2021. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.
Text
COVER.pdf - Published Version Download (348kB) |
|
Text
BAB I.pdf - Published Version Download (3MB) |
|
Text
BAB II.pdf - Published Version Download (2MB) |
|
Text
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
Text
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (27kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (54kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (571kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya keluhan masyarakat dalam menggunakanBus Rapid Transit (BRT) Semarang. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan menguji pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan masyarakat pengguna Bus Rapid Transit (BRT) di Kota Semarang. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif eksplanatori, dengan sampel penelitian sebanyak 100. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik ProbabilitySampling, khususnya menggunakan teknik Simple Random Sampling. Teknik analisis pada penelitian ini yaitu uji validitas, uji reliabilitas, korelasi Kendall Tau, dan koefisien Determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Masyarakat memiliki korelasi sebesar 0,316, dengan taraf signifikansi 0,01. Nilai kontribusi dari kualitas pelayanan terhadap kepuasan masyarakat adalah sebesar 9,98%, sehingga terdapat 90,02% variabel lain yang mempengaruhi variabel kepuasan masyarakat diluar dari variabel kualitas pelayanan. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Masyarakatpengguna Bus Rapid Transit (BRT) Kota Semarang.Saran yang diberikan yaitu pemberian edukasi atau pembekalan kepada setiap pegawai dan terus melakukan pengembangan sarana dan prasarana BRT Trans Semarang.
Kata Kunci : Kepuasan Masyarakat, Kualitas Pelayanan, Bus Rapid Transit
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Social Science and Political Science |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Department of Public Administration |
Depositing User: | diana nirwani |
Date Deposited: | 02 Jan 2023 02:49 |
Last Modified: | 02 Jan 2023 02:49 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/10817 |
Actions (login required)
View Item |