Search for collections on Undip Repository

HUBUNGAN STATUS STUNTING DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR DI INDONESIA: ARTIKEL REVIEW

LUTFIANA, SEKAR AYU ASY SYIFA (2022) HUBUNGAN STATUS STUNTING DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR DI INDONESIA: ARTIKEL REVIEW. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
REPO SEKAR.pdf - Published Version

Download (6kB)

Abstract

Latar belakang: Pendidikan merupakan aspek penting yang digunakan untuk
membentuk manusia cerdas sehingga keberhasilan pendidikan tercapai.
Keberhasilan pendidikan dapat dinilai dari prestasi belajar siswa. Prestasi belajar
siswa dapat dipengaruhi oleh status gizi berdasarkan indeks TB/U. Apabila nilai z-skor
TB/U berada di bawah batas -2 SD maka anak tersebut dinyatakan dalam kondisi
stunting. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis hubungan antara status
stunting dengan prestasi belajar siswa sekolah dasar di Indonesia.
Metode: Penelitian ini menggunakan artikel review. Sumber data yang digunakan
yaitu artikel penelitian dalam 5 tahun terakhir baik jurnal nasional maupun
internasional yang dicari menggunakan situs Google Scholar. Artikel yang dipilih
adalah artikel dengan penelitian yang menggunakan desain penelitian observasional
yang dilakukan di Indonesia dengan subjek siswa sekolah dasar.
Hasil: Terdapat 10 artikel yang dianalisis. Dari hasil analisis ditemukan sejumlah 6
artikel menunjukkan bahwa terdapat hubungan status stunting dengan prestasi belajar
siswa, dan sejumlah 4 artikel menunjukkan bahwa tidak adanya hubungan status
stunting dengan prestasi belajar siswa.
Kesimpulan: Terdapat hubungan antara status stunting dengan prestasi belajar,
namun masih ada faktor lain juga yang dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa.

Kata kunci: stunting, prestasi belajar, anak sekolah dasar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: endah nurkhayati
Date Deposited: 30 Dec 2022 07:28
Last Modified: 30 Dec 2022 07:28
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/10785

Actions (login required)

View Item View Item