Search for collections on Undip Repository

KEBIJAKAN HUKUM PIDANA DALAM PENANGANAN TINDAK PIDANA KEKERASAN YANG DILAKUKAN OLEH ANAK

Hasibuan, Mutiara Nora Peace (2022) KEBIJAKAN HUKUM PIDANA DALAM PENANGANAN TINDAK PIDANA KEKERASAN YANG DILAKUKAN OLEH ANAK. Masters thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (Thesis)
Mutiana Peace Hasibuan Cover.pdf - Accepted Version

Download (555kB)

Abstract

Kebijakan penegakan hukum pidana terhadap perlindungan anak sejatinya telah diregulasikan dalam Undang-Undang No. 35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak serta Undang Nomor 11 Tahun 2012 tentang Sistem Peradilan Pidana Anak yang mengatur setiap proses penyelesaian perkara anak yang berhadapan dengan hukum sejak tingkat penyelidikan sampai dengan pembimbingan setelah menjalankan pidana. Peradilan anak bertujuan untuk mendidik dan memperbaiki perilaku anak sehingga anak tidak mengulangi perilaku buruk di masyarakat.
Permasalahan dalam penelitian ini ialah terkait kebijakan hukum pidana dalam penanganan tindak pidana kekerasan yang dilakukan oleh anak pada saat ini dan pada masa yang akan datang. Metode yang digunakan ialah metode yuridis empiris, dengan menggunakan data primer dan data sekunder. Penelitian ini juga menggunakan metode pendekatan socio legal research. Data primer diperoleh melalui teknik dan studi lapangan berupa wawancara dan observasi di Lembaga Bantuan Hukum Mawar Saron Jakartda dan Balai Pemasyarakatan Kelas I Jakarta Pusat. Sedangkan data sekunder diperoleh melalui studi kepustakaan dimana mengumpulkan dan menganalisis bahan hukum primer, bahan hukum sekunder, dan bahan hukum tersier.
Penelitian ini menunjukkan bahwa penanganan tindak pidana kekerasan yang dilakukan oleh anak pada saat ini masih belum mencapai keadilan restoratif karena terdapat kendala dari segi substansi, struktur, dan kultur. Hal ini juga menjadi kendala tercapainya kepentingan terbaik bagi anak dalam proses penyelesaian perkara anak. Untuk mengoptimalkan penanganan tindak pidana kekerasan terhadap anak di masa yang akan datang, maka dipandang perlu untuk membandingkan dan mempelajari sistem negara lain, seperti Children Hearing System dari negara Skotlandia dan metode Diveri dari negara Filipina yang sudah mampu mewujudkan keadilan restoratif.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Silahkan Menghubungi Perpustakan Magister Hukum Jika memerlukan File ini
Uncontrolled Keywords: Sistem Peradilan Pidana Anak; Keadilan Restoratif; Kekerasan
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Master Program in Law
Depositing User: Dyan Pitra Chrisnawan
Date Deposited: 30 Dec 2022 06:50
Last Modified: 30 Dec 2022 06:50
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/10777

Actions (login required)

View Item View Item