Search for collections on Undip Repository

PROSES KOLABORASI STAKEHOLDERS DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT BERBASIS DESA WISATA DI PANTAI KARANG JAHE DESA PUNJULHARJO, REMBANG/27/ADM.PUBLIK/2021

Septiani, Nur Jihan and Nurcahyanto, Herbasuki and Marom, Aufarul (2021) PROSES KOLABORASI STAKEHOLDERS DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT BERBASIS DESA WISATA DI PANTAI KARANG JAHE DESA PUNJULHARJO, REMBANG/27/ADM.PUBLIK/2021. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.

[img] Text
Cover.pdf - Published Version

Download (94kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (223kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (149kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (264kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (54kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (25kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (203kB)

Abstract

Kolaborasi Stakeholders di Pantai Karang Jahe Desa Punjulharjo merupakan upaya yang dilakukan untuk membangun perekonomian masarakat melalui pemanfaatan potensi asli desa. Penelitian ini bertujuan untuk proses terbentuknya kolaborasi stakeholders dalam pemberdayaan di Desa Wisata Punjulharjo Rembang.Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik pemilihan informan dilakukan dengan menggunakan purposive sampling. Proses kolaborasi stakeholders dilihat dari subfenomena pemahaman bersama, komitmen, komunikasi dan dampak sementara sudah dilakukan secara optimal. Subfenomena yang kurang optimal yaitu komunikasi dalam tahapan pengkapasitasan pemberdayaan. Komunikasi yang dilakukan antara BUMDes Punjulharjo, Unit Pengelola Pantai Karang Jahe, Kelompok Sadar Wisata, dan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata masih kurang optimal. Komunikasi hanya berjalan efektif di lingkungan internal saja yaitu antara BUMDes dan Unit Pengelola. Faktor pendorong kolaborasi stakeholders di Pantai Karang Jahe Desa Punjulharjo adalah kualitas sumber daya stakeholders, keuangan hasil wisata, dan dukungan penuh dari Pemerintah Kabupaten. Faktor penghambat kolaborasi stakeholders yaitu adanya perbedaan kepentingan antar stakeholders dan masyarakat pasif dalam pemberdayaan. Saran yang dapat diberikan adalah membangun keterbukaan informasi antar stakeholders, membangun partisipasi masyarakat dalam pemberdayaan, merubah cara pandang masyarakat terhadap investor dan pemberdayaan berkelanjutan dari stakeholders pendukung.

Kata kunci: Kolaborasi Stakeholders, Pemberdayaan, Desa Wisata

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Public Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 30 Dec 2022 03:01
Last Modified: 30 Dec 2022 03:01
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/10762

Actions (login required)

View Item View Item