Search for collections on Undip Repository

Hubungan Asupan Protein Nabati dan Profil Lipid pada Penyandang Diabetus Melitus Tipe 2 di Semarang

Zulfaa Qalista, Addina and Ratna Noer, Etika and Rahadiyanti, Ayu and Pramono, Adriyan Hubungan Asupan Protein Nabati dan Profil Lipid pada Penyandang Diabetus Melitus Tipe 2 di Semarang. -. (Unpublished)

[img] Text (Abstrak)
Abstrak-Addina.pdf

Download (176kB)

Abstract

Latar Belakang: Dislipidemia merupakan komplikasi DMT2 dengan prevalensi tertinggi di Asia dan berkontribusi terhadap risiko penyakit kardiovaskular. Jenis asam amino, serat, dan lemak, serta nilai indeks glikemik yang terkandung dalam sumber protein nabati dapat memberikan manfaat terhadap dislipidemia pada diabetes melitus. Hubungan asupan protein nabati dan profil lipid pada penyandang DMT2 di Indonesia belum banyak dilakukan.
Tujuan: Menganalisis hubungan asupan protein nabati dengan profil lipid pada penyandang Diabetes Melitus Tipe 2 di Kota Semarang.
Metode: Penelitian cross-sectional dilakukan terhadap 61 subjek penyandang DMT2 yang berpartisipasi dalam Prolanis dan dipilih secara consecutive sampling. Kadar serum trigliserida, kolesterol total, HDL, dan LDL dianalisis menggunakan Indiko Clinical Chemistry Analyzer. Pengambilan data umum dan riwayat konsumsi obat dilakukan melalui wawancara. Pengambilan data asupan makan dilakukan dengan metode SQ-FFQ. Analisis data dilakukan menggunakan uji korelasi Spearman’s Rank.
Hasil: Rerata asupan protein nabati subjek yaitu 26,6 g/hari yang berkontribusi sebesar 57,07% terhadap total asupan protein. Sumber asupan protein nabati didominasi oleh beras putih dan produk kedelai, yakni tahu dan tempe. Pengukuran profil lipid ditemukan sejumlah 57,4% subjek memiliki kadar trigliserida tinggi, 39,3% subjek memiliki kadar kolesterol total pada batas tinggi, 47,5% subjek memiliki kadar HDL rendah, serta 42,6% subjek memiliki kadar LDL pada batas tinggi. Hasil uji bivariat menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan antara asupan protein nabati dengan kadar trigliserida, kolesterol total, kolesterol HDL, dan kolesterol LDL.
Simpulan: Asupan protein nabati tidak berhubungan dengan profil lipid penyandang DMT2.
Kata Kunci: Asupan protein nabati, profil lipid, diabetes melitus tipe 2

Item Type: Article
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Depositing User: Pustakawan Gizi
Date Deposited: 29 Dec 2022 09:45
Last Modified: 29 Dec 2022 09:45
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/10735

Actions (login required)

View Item View Item