Search for collections on Undip Repository

ANALISIS KEBIJAKAN ZONASI SEKOLAH DALAM UPAYA PEMERATAANPENDIDIKAN SMA DI JAWA TENGAH (Studi Kasus di Kota Semarang)/107/ADM.PUBLIK/2020

Widyastuti, Syinta and Rostyaningsih, Dewi (2020) ANALISIS KEBIJAKAN ZONASI SEKOLAH DALAM UPAYA PEMERATAANPENDIDIKAN SMA DI JAWA TENGAH (Studi Kasus di Kota Semarang)/107/ADM.PUBLIK/2020. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.

[img] Text
cover skripsi syinta widyastuti.pdf - Published Version

Download (313kB)
[img] Text
Bab I Skripsi Syinta Widyastuti.pdf - Published Version

Download (470kB)
[img] Text
BAB II skripsi Syinta Widyastuti.pdf - Published Version

Download (369kB)
[img] Text
BAB III Skripsi Syinta Widyastuti.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV Skripsi Syinta Widyastuti.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (419kB)
[img] Text
BAB V skripsi Syinta Widyastuti.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (71kB)
[img] Text
Daftar Pustaka skripsi syinta widyastuti.pdf - Published Version

Download (34kB)

Abstract

Kualitaslayananpendidikandapatditunjukandenganpeningkatanmutupendidikan dan pembaharuansistempendidikan. Peningkatanlayananpendidikanmerupakan salah satufaktorpentinguntukmewujudkan Pendidikan yang berkualitas. Salah satuupayadalammeningkatkankualitaspendidikanyaitudenganmelaluipemerataan Pendidikan.Tujuandaripenelitianiniadalahuntukmenganalisispelaksanaankebijakanzonasisekolahkonsisten. Dalamhaliniukurantingkatefektivitasdapatdilihatdaritujuan-tujuanKebijakanZonasiSekolah. Penelitianinimenggunakanpendekatanpenelitiankualitatifbersifatdeskriptif. Teknik penentuaninformanadalah Teknik snowballingdenganteknikpengumpulan data melaluiobservasi, wawancara, dokumentasi dan penelitiankepustakaan. Analisis dan interprestasi data menggunakanteknikanalisis data penelitiankualitatifdenganteknikvaliditas data triangulasisumber. Hasil penelitianmenunjukkanpelaksanaanKebijakanZonasiSekolah pada saat PPDB SMA di Kota Semarang masihbelumefektifterkaitpemerataan Pendidikan, mendekatkanjaraksekolah, menghilangkanekslusivitas dan membantuPemerintah Daerah memberikanbantuan. Tetapidalamhalmendorongkreativitas guru sudahefektif. Hal inidikarenakanbeberapakendalasepertitidakmeratanyapersebaransiswaberprestasi dan kurangberprestasiakibatpenambahankuotajalurprestasi. Persebaran guru belummerataantarasekolah yang dianggapfavoritdengan yang tidakfavorit. TidaksemuadaerahmemilikiSekolah Negeri sehinggasiswa yang lingkunganrumahnyajauhdariSekolah Negeri kesulitanmendaftarsekolah. Ekslusivitasmasihterasa. Belumada dana khususdariPemerintah, sehinggasekolah-sekolahmasihmenggunakanfasilitas yang samasepertisebelumdilaksanakanZonasiSekolah. HarusadapenambahanjumlahSekolah Negeri terutama di daerah yang tidakadaSekolah. Sebaiknyaada minimal NEM untukmasukkeSekolah Negeri agar menambahmotivasibelajarsiswa.

Kata Kunci:AnalisisKebijakan, Monitoring, Pendidikan, ZonasiSekolah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Public Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 29 Dec 2022 03:25
Last Modified: 29 Dec 2022 03:25
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/10697

Actions (login required)

View Item View Item