Widyastuti, Syinta and Rostyaningsih, Dewi (2020) ANALISIS KEBIJAKAN ZONASI SEKOLAH DALAM UPAYA PEMERATAANPENDIDIKAN SMA DI JAWA TENGAH (Studi Kasus di Kota Semarang)/107/ADM.PUBLIK/2020. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.
Text
cover skripsi syinta widyastuti.pdf - Published Version Download (313kB) |
|
Text
Bab I Skripsi Syinta Widyastuti.pdf - Published Version Download (470kB) |
|
Text
BAB II skripsi Syinta Widyastuti.pdf - Published Version Download (369kB) |
|
Text
BAB III Skripsi Syinta Widyastuti.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB IV Skripsi Syinta Widyastuti.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (419kB) |
|
Text
BAB V skripsi Syinta Widyastuti.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (71kB) |
|
Text
Daftar Pustaka skripsi syinta widyastuti.pdf - Published Version Download (34kB) |
Abstract
Kualitaslayananpendidikandapatditunjukandenganpeningkatanmutupendidikan dan pembaharuansistempendidikan. Peningkatanlayananpendidikanmerupakan salah satufaktorpentinguntukmewujudkan Pendidikan yang berkualitas. Salah satuupayadalammeningkatkankualitaspendidikanyaitudenganmelaluipemerataan Pendidikan.Tujuandaripenelitianiniadalahuntukmenganalisispelaksanaankebijakanzonasisekolahkonsisten. Dalamhaliniukurantingkatefektivitasdapatdilihatdaritujuan-tujuanKebijakanZonasiSekolah. Penelitianinimenggunakanpendekatanpenelitiankualitatifbersifatdeskriptif. Teknik penentuaninformanadalah Teknik snowballingdenganteknikpengumpulan data melaluiobservasi, wawancara, dokumentasi dan penelitiankepustakaan. Analisis dan interprestasi data menggunakanteknikanalisis data penelitiankualitatifdenganteknikvaliditas data triangulasisumber. Hasil penelitianmenunjukkanpelaksanaanKebijakanZonasiSekolah pada saat PPDB SMA di Kota Semarang masihbelumefektifterkaitpemerataan Pendidikan, mendekatkanjaraksekolah, menghilangkanekslusivitas dan membantuPemerintah Daerah memberikanbantuan. Tetapidalamhalmendorongkreativitas guru sudahefektif. Hal inidikarenakanbeberapakendalasepertitidakmeratanyapersebaransiswaberprestasi dan kurangberprestasiakibatpenambahankuotajalurprestasi. Persebaran guru belummerataantarasekolah yang dianggapfavoritdengan yang tidakfavorit. TidaksemuadaerahmemilikiSekolah Negeri sehinggasiswa yang lingkunganrumahnyajauhdariSekolah Negeri kesulitanmendaftarsekolah. Ekslusivitasmasihterasa. Belumada dana khususdariPemerintah, sehinggasekolah-sekolahmasihmenggunakanfasilitas yang samasepertisebelumdilaksanakanZonasiSekolah. HarusadapenambahanjumlahSekolah Negeri terutama di daerah yang tidakadaSekolah. Sebaiknyaada minimal NEM untukmasukkeSekolah Negeri agar menambahmotivasibelajarsiswa.
Kata Kunci:AnalisisKebijakan, Monitoring, Pendidikan, ZonasiSekolah
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Social Science and Political Science |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Department of Public Administration |
Depositing User: | diana nirwani |
Date Deposited: | 29 Dec 2022 03:25 |
Last Modified: | 29 Dec 2022 03:25 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/10697 |
Actions (login required)
View Item |